Header Ads

Bupati Pimpin Upacara Hari Pahlawan

KAJEN – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di Alun-alun Kajen, Sabtu (10/11/2018) pagi. Upacara ini rutin digelar tiap tahunnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia.

Iring-iringan Bupati dari rumah dinas jabatan Bupati Pekalongan di Jalan Merapi I Kajen langsung menuju Alun-alun Kajen dan tiba pukul 08.15 WIB. Bupati mengenakan jas dan peci hitam, didampingi Wakil Bupati Ir. Hj. Arini Harimurti, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf. Muhammad Ridha, SS.,S.IP., Ketua Komisi A DPRD Hj Endang Suwarningsih, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Danlanal Tegal, dan perwakilan Forkompinda.

Bupati selaku inspektur langsung menuju tempat upacara dan menerima laporan dari perwira upacara yakni AKP Prisandi Tiar, ST.,S.Kom dari Polres Pekalongan. Bupati dan para peserta upacara lalu memberi penghormatan kepada arwah pahlawan serta mengheningkan cipta.

Bupati dalam upacara Hari Pahlawan Nasional membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita. Yang mana isi sambutannya, Mensos mengatakan bahwa semangat pahlawan di dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Lebih lanjut Mensos mengatakan peringatan Hari Pahlawan Nasional bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi. Setiap memperingati Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam hidup sehari-hari.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh pejabat dari Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Setelah upacara berakhir, Bupati dan unsur Forkompinda menaburkan karangan bunga ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bhakti Wiratama Bojong. Sebelumnya dilakukan upacara dipimpin Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf. Muhammad Ridha, SS.,S.I.P. 
Powered by Blogger.