Header Ads

Bendungan Gembiro Dibuka,Ribuan Warga Cari Ikan

KAJEN - Bedahan Bendungan Gembiro yang dilakukan setahun sekali,sangat dinantikan masyarakat,terbukti ribuan warga Kabupaten Pekalongan menyaksikan pembukaan bendungan tersebut sekaligus terjun ke sungai untuk menangkap ikan,Kamis siang (1/11/2018).

 Dalam 'Bedahan Bendungan Gembiro' Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si didampingi Wakil Walikota Tanjung Pinang Rahma, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH beserta unsur Forkompinda dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Pekalongan.

Bendungan yang berada di Desa Kerandon Kecamatan Kesesi tersebut mengalir ke Desa Bukur, Kecamatan Bojong, hingga Kecamatan Sragi untuk mengairi sawah,sedangkan pembukaan  dilakukan secara rutin untuk membersihkan sedimen, pengurasan lumpur di hulu Bendung, serta perawatan pintu.

Sebelum pembukaan atau bedah Bendungan dimulai, terlebih dahulu dilakukan doa bersama oleh Bupati dan segenap hadirin dan puluhan ribu masyarakat yang telah memadati jalan-jalan dan bibir sungai Sragi tersebut sejak pagi.

Wakil Walikota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Rahma, mengaku pihaknya sangat terkejut melihat tradisi pembukaan pintu bendung di Kabupaten Pekalongan, karena di daerahnya tidak ada tradisi semacam itu. 

Sementara itu,Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa Bendung Gembiro dibangun tahun 1930.  Bendung tersebut mensuplai kebutuhan air daerah irigasi dengan luas areal 1.203.15 hektar. Meliputi 10 desa Kecamatan Sragi masing-masing Sumublor, Sumubkidul, Kalijambe, Purworejo, Bulakpelem, Kedungjaran, Gebangkerep, Purwodadi, Klunjukan dan Tegalsuruh, serta 3 desa Kecamatan Kesesi yakni Sidosari, Mulyorejo dan Pantirejo.

"Di Bendung Gembiro juga dibangun sistem pompanisasi, yang digunakan untuk mensuplai Bendung Sudikampir, mengairi 5 desa, khususnya digunakan pada masa tanam II. Bendung Gembiro juga merupakan bendung pengendali banjir untuk di sekitar wilayah Desa Jagung, Kutorejo, Sangkanjoyo, Langensari, Pekiringanalit dan Watugajah," tandas bupati.

Tahun ini Pemkab Pekalongan merencanakan untuk menabur 500 ribu benih ikan di Bendung Gembiro, sehingga masyarakat bisa mendapatkan ikan lebih banyak lagi.

 "Ini sekaligus sebagai upaya kampanye gemar makan ikan, karena sekarang sedang digencarkan agar persentasenya meningkat."(Ros-Nk)
Powered by Blogger.