Header Ads

Pentingnya Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat

KAJEN - Gerakan masyarakat untuk hidup sehat atau GERMAS merupakan suatu gerakan bersama dari pemerintah dan masyarakat,agar menggelorakan pola hidup yang sehat.Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan DA dalam kegiatan Penggerakan Massa Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Lokus 2017 di Gedung PPNI,Rabu (24/10/2018).

Dikatakan, bahwa saat ini penyakit menular masih ada,sedang penyakit tidak menular sudah mulai berkembang bahkan lebih banyak lagi,sehingga terjadi double penanganan.

"Menangani penyakit non menular dan penyakit menular,kalau semua masalah ini hanya ditangani oleh dinas kesehatan saja tanpa adanya gerakan masyarakat bersama,maka ini penanganannya akan lambat,"katanya.

Sehingga menurutnya perlu adanya gerakan masyarakat dengan pola hidup yang sehat,seperti melakukan aktivitas hidup yang sehat,makan makanan sehat.

"Jangan nonton tv terus tanpa adanya gerakan,itu membuat badan kita tidak sehat,yang kedua olahraga yang teratur,ketiga adalah cek kesehatan,"

Disebutkan,Di masyarakat sekarang ada Posbindu dimana masyarakat bisa mengecek kesehatannya setiap saat tanpa menunggu sakit.

"Berikutnya memberikan ASI eksklusif untuk bayi yang baru lahir,itu upaya untuk memberika kekebalan pada bayi kita,berikutnya enyahkan rokok,selanjutnya,stop buang air besar sembarangan atau BABS,"

Tujuh hal tersebut merupakan upaya-upaya yang harus dilakukan bersama-sama,apalagi saat ini,menurutnya,sudah ada kegiatan Germas,Gentong Sehat dan Gema Sahe.

Adapun dalam kegiatan Lokus tersebut ,diikuti peserta sebanyak 160 orang dari seluruh elemen masyarakat di Kajen. (Ros-Nk)
Powered by Blogger.