Header Ads

Pemerintah Bakal Bangun 11 Pos Perbatasan Pada 2019

Pemerintah Bakal Bangun 11 Pos Perbatasan Pada 2019
Menko Polhukam Wiranto. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan pemerintah bakal membangun 11 pos lintas batas negara (PLBN) pada 2019 mendatang. Hal itu menurut dia sebagai bagian program pembangunan pemerintah.

"Kalau yang lalu sudah diselesaikan 7 PLBN, ke depannya di 2019 kita akan membangun 11 pos lintas batas negara yang tersebar di seluruh wilayah perbatasan," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10).

Mantan Panglima ABRI itu menyatakan upaya tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan program Nawacita. Ia pun menargetkan pembangunan 11 PLBN itu akan rampung dalam kurun waktu satu tahun.


Guna mempercepat pembangunannya, Wiranto mengatakan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat bakal mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres).

"Untuk mempercepat itu maka kita menurunkan dalam bentuk Inpres agar mengikat seluruh kementerian lembaga agar terpadu bersama-sama membangun PLBN," kata dia.

Selain itu, Wiranto turut menegaskan pemerintah tak semata-mata hanya sekadar membangun pos perbatasan. Ia memastikan bakal memperhatikan dan membangun wilayah di sekitar PLBN itu.


Lebih lanjut, ia mengatakan rancangan infrastruktur dan rencana pembangunan di wilayah sekitar PLBN itu sudah dikaji oleh kementerian terkait.

"Sudah ada gambarnya, lahan sudah siap, prasarana pendukung juga dikatakan siap. jalan-jalan juga sudah nanti sinkron, siap. Maka kita sangat terbantu karena dengan pembangunan pos lintas batas itu menghidupkan kawasan itu menjadi kawasan yang layak huni," kata dia.

Wiranto lantas merinci terdapat lima PLBN yang baru bakal dibangun di wilayah Kalimantan Utara dan satu di Kalimatan Barat yang berbatasan dengan Malaysia. 


Selain itu, terdapat satu PLBN baru di Natuna, Kepulauan Riau yang berbatasan dengan Malaysia, dan dua PLBN baru di NTT yang berbatasan dengan Timor Leste.

Di bagian paling timur, pemerintah akan membangun dua PLBN baru yang tersebar di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Boven Digoel, Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini.

(CNNIndonesia)
Powered by Blogger.