Header Ads

Pelatihan Batik Warna Alam

KAJEN - Salah satu upaya dalam memperteguh ikon Kabupaten Pekalongan sebagai kota legenda batik dunia dan terus meningkatkan mutu ketrampilan keahlian bagi UKM. Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) memberikan pelatihan penggunaan zat warna alam.

Kasi Perberdayaan UKM, Nanang Isnaini SE disela-sela pelatihan menyampaikan pelatihan penggunaan zat warna alam ini diadakan selama 5 hari di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. 15-19 Oktober 2018 dan di ikuti 10 pengrajin muda yang merupakan orang yang terpilih dan telah memiliki bekal dasar membatik. "Saya berharap Ilmu yang nantinya didapat bermanfaat bisa ditularkan kepada teman-teman yg lain". ucap Nanang.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Dra Hj. Munafah Asip Kholbihi saat memonitoring pelatihan tersebut mengharapkan pelatihan ini menjadi bentuk kontribusi terhadap industri yang ramah lingkungan.

"Berbagai tumbuhan di sekitar kita dapat dimanfaatkan dan tentunya penggunaanya tidak mengganggu lingkungan. Besar harapan kami ini dapat bermanfaat dan menciptakan pengusaha kreatif dan terampil‎," jelas Munafah.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Alih Teknologi, BBKB Ibu Valentina Sri Pertiwi, "Pelatihan penggunaan zat warna alam meliputi pengertian bahan dan alat; pengertian desain batik, pengetahuan proses batik dengan zat warna alam (ZWA), praktek desain dan pemolaan, praktek pembuatan zat warna, pratek pengecapan; praktek pembatikan tulis, praktek pewarnaan, praktek pelorodan, dan diakhiri dengan diskusi dan evaluasi pelatihan.
Powered by Blogger.