Header Ads

Meksiko akan dilanda Badai Kuat, Willa

Meksiko akan dilanda Badai Kuat, Willa
Ilustrasi (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)
Jakarta - Badai Willa kategori 4 akan melanda Pantai Pasifik, Meksiko, pada Selasa (23/10). Badai yang dikenal sebagai hurikan ini diperkirakan akan menghantam dengan angin besar serta banjir bandang.

Sebelumnya, badai Willa mencapai kategori 5 dan sedang berada di jalur sekitar kota Mazatlan. Pusat Badai Nasional (NHC) mengatakan bahwa Willa membawa kekuatan angin 250 kilometer per jam.

NHC melaporkan meskipun Willa sempat melemah, namun badai ini diperkirakan akan menjadi badai besar yang sangat berbahaya ketika mencapai pantai Meksiko.


Badai Willa juga diperkirakan akan membawa hujan deras setinggi 30 hingga 45 cm di beberapa wilayah Sinaloa, Nayarit, dan Jalisco.

"Curah hujan ini akan menyebabkan banjir bandang dan menyebabkan tanah longsor yang mengancam jiwa. Kemungkinan badai ini menyebabkan gelombang besar dan merusak kondisi saat ini," kata NHC, seperti dikutip AFP.

Badai ini terletak sekitar 175 kilometer wilayah barat daya Cabo Corrientes dan berputar ke wilayah utara dengan kecepatan 13 kilometer per jam.

Kementerian dalam negeri tidak menanggapi pertanyaan soal evakuasi para tahanan. Dimana Meksiko memiliki penjara federal di berbagai pulau Marias yang akan dilanda badai.

Situasi siaga

Wilayah Sinaloa, Nayarit, dan Jalisco mengumumkan keadaan siaga dan membatalkan sekolah di seluruh negara bagian ketika hujan dan gelombang besar mulai terjadi.

Gubernur Jalisco, Aristoteles Sandoval memerintahkan adanya evakuasi hotel dan seluruh daerah pantai di Puerto Vallarta. Tempat penampungan dibuka di dataran yang lebih tinggi untuk menampung pengungsi.

"Ini bisa menjadi fenomena dengan konsekuensi yang sangat merusak. Kita mungkin harus mulai melakukan evakuasi terhadap penduduk lainnya," kata dia.


"Kami sudah siap dengan makanan dan tempat penampungan, berbagai layanan darurat di negara bagian sudah siap. Kementrian kesehatan siap, otoritas yang bekerja di bidang air dan sanitasi, tentara, dan marinir siap membantu dengan melakukan pencarian serta penyelematan," kata dia menambahkan.

Di Mazatlan, berbagai hotel hampir kosong karena sebagian orang sudah memilih untuk mengungsi dan melarikan diri, namun beberapa turis bertekad untuk bertahan disana dan menganggap badai itu tidak menghancurkan liburan mereka.

Seluruh nelayan juga sedang mengikat kapal mereka agar tidak hancur akibat badai.

Hujan lebat dan angin kencang

Hujan lebat juga menyebabkan kereta barang tergelincir di kota La Goleta, Michoacan. Kecelakaan ini menyebabkan dua pekerja jalur kereta api terluka.

Di tempat lain, badai tropis Vicente dengan kekuatan angin 65 kilometer per jam diperkirakan akan membuat hujan lebat dan banjir di wilayah selatan dan barat daya Meksiko.


Pada September lalu, sebanyak 15 orang tewas ketika banjir bandang melanda negara bagian Sinaloa dan Michoacan.

Pada akhir pekan lalu, 11 orang tewas di Oaxaca termasuk tujuh anak-anak.

Pantai Pasifik, Meksiko telah dilanda badai mematikan dan hujan di musim topan ini.

(CNNIndonesia)
Powered by Blogger.