Header Ads

Korupsi,Kades Wangan Dowo Terancam 20 Tahun Penjara

KAJEN - Kepala Desa Wangan Dowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan,Subari (54) ditangkap Unit Tipikor Polres Pekalongan,lantaran melakukan tindak pidana korupsi,kemarin.

Kapolres Pekalongan,AKBP Wawan Kurniawan  mengungkapkan,bahwa kejadian bermula dari
laporan warga kepada aparat kepolisian tentang adanya penyewaan  jalan desa,pembayaran tanah dan kompensasi galian C dari PT.SMJ kepada Kepala Desa dan tidak dimasukkan ke APBDes Wangan Dowo.

"Pengelolaannya juga tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 113/2014 Pasal 1 Ayat 4 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, serta tidak sesuai dengan Peraturan Bupati No 5/2015 tentang Pedoman Pengelolaan Desa,"tuturnya.

Dikatakan,Kasus dimulai pada tahun 2016,yaitu adanya kesepakatan antara pihak desa,warga dan PT.SMJ.Adapun berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya kerugian negara mencapai Rp.521 Juta.

"Dari total uang tadi (penyewaan jalan desa,pembayaran tanah dan kompensasi galian C) yang belum bisa dipertanggungjawabkan (oleh tersangka korupsi) yaitu sebanyak 521 juta rupiah,tersangaka tidak bisa menunjukan untuk apa,"ungkapnya,

Kini,Subari diancam Pasal 2 atau 3 atau Pasal 8 UU RI No 20/2001 tentang Pemberantasan Korupsi dengan ancaman hukum 20 tahun penjara.(Ros-Nk)

Powered by Blogger.