Header Ads

Dikukuhkan,APSAI Dorong Perusahaan Kabupaten Pekalongan Ramah Anak

KAJEN - Pengukuhan APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia) Kabupaten pekalongan  dilakukan di Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan,pada Senin (8/10/2018).

Luhur,Ketua APSAI Pusat mengungkapkan bahwa APSAI sudah berdiri selama 7 tahun,namun baru sejak 2015 APSAI dibentuk diluar jakarta.

"Ini menjadi mandat tentang perlindungan anak dan peran swasta sudah masuk jadi pasal khusus di undang undang 35 (tahun 2014),dari pertama tiga perusahaan sekarang sudah ada 188 perusahaan belum termasuk yang di kabupaten pekalongan,"ungkapnya.

Dikatakan,perjuangan APSAI ada tiga hal,pertama yaitu mendorong perusahaan agar memiliki porsi atau kebijakan yang menyangkut hak anak atau pro anak.

"Contoh seperti saat cuti melahirkan agar menjadi perhatian khusus dari perusahaan,kemudian yang kedua produknya harus dan wajib ramah anak,termasuk cara pemasaraannya contoh seringkali kita dipaparkan iklan yang kurang patut ditampilkan didepan anak-anak,"tuturnya.

Ketiga,program CSR atau Corporate Sosial Responsibility yaitu kegiatan sosial untuk mengembalikan keuntungan perusahaan ke masyarakat khususnya anak-anak.

Seementara itu Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian PPA,Lenny Rosalin mengatakan bahwa semua harus menyatuan persepsi antara peran dunia usaha,peran OPD,serta lembaga masyarakat dalam mewujudkan indonesia layak anak.

"Anak itu sampai 18 tahun berarti sampai SMA,jadi silahkan dunia usaha bantu semua programnya,"ungkapnya.

Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi dalam sambutannya menyampaikan tujuan dibentuknya APSAI kepengurusan di Kabupaten Pekalongan adalah agar seluruh korporasi yang ada di Kabupaten Pekalongan mulai berpikir untuk peduli terhadap anak.

Jumlah anak di Kabupaten Pekalongan ini dari total populasi sekitar 1 juta penduduk, sesuai data terdapat hampir 300ribu anak. Untuk itu, Bupati perintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk bermitra dengan APSAI untuk memastikan zero drop out berjalan dengan sebesarnya di Kabupaten Pekalongan.(ROS-NK)




Powered by Blogger.