Header Ads

Budidaya Ikan Air Tawar,Desa Kaliombo Jadi Percontohan

KAJEN - Masyarakat Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, saat ini telah berhasil melakukan pembudidayaan ikan air tawar, dengan hasil cukup memuaskan dan dapat dikembangkan menjadi sumber tambahan penghasilan.

Menurut Slamet, Kepala Desa Kaliombo, bahwa kegiatan yang dilakukan warga setempat berlangsung belum lama, dengan membuat kolam-kolam dan melakukan pembudidayaan ikan jenis nila dan emas, serta telah mampu melakukan panen ikan.

"Kegiatan warga ini karena, di sini daerah atas, warga jarang mendapatkan ikan untuk dikonsumsi, sehingga mencoba membuat kolam, dan sekarang hasilnya sudah bagus. Bahkan sudah ada yang berhasil panen," katanya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi ketika mendapat kabar tersebut langsung melakukan kunjungan ke Desa Kaliombo, dan mendapati sudah banyak kolam ikan air tawar milik warga, bahkan jumlahnya sudah mencapai 300 kolam.

"Ini menunjukkan adanya perkembangan ekonomi kreatif masyarakat, karena di daerah atas memang cukup susah untuk bisa mendapatkan ikan. Dengan kegiatan budidaya ikan air tawar ini, diharapkan nantinya bisa meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, terlebih sekarang ada gerakan makan ikan," tandas bupati.

Melihat kondisi demikian, bupati mengaku akan melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar masyarakat tersebut, sehingga ekonomi kreatif yang diciptakan tersebut mampu menjadi tambahan sumber penghasilan.

"Jadi desa ini akan saya rancang sebagai desa budidaya ikan air tawar, bukan hanya untuk konsumsi masyarkat sendiri, melainkan juga untuk dipasok ke restauran, rumah makan, warung lamongan, cafe dan sebagainya. Bahkan bisa juga sebagai pemasok ikan di pasar daerah atas," tandas Asip.

Karena itu pihaknya akan meminta Dinas Kelautan dan  Perikanan untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat, sehingga dalam melakukan budidaya dapat berhasil dengan baik, dan sesuai harapan bersama, serta menjadi desa percontohan.
Powered by Blogger.