Header Ads

Ratusan Petani Kopi Kabupaten Pekalongan Ikuti Pelatihan

KAJEN - Ratusan petani kopi di Kabupaten Pekalongan mengikuti Pelaksanaan kegiatan penguatan lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) melalui diseminasi hasil litbang unggul,dengan pelatihan teknologi budidaya kopi,yang dilaksanakan di Balai Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan,Sabtu (8/9).

Rusmaniar Dini dari Badan Litbang Kementrian Pertanian RI,mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil desiminasi untuk menyampaikan hasil Litbang kepada masyarakat.

"Ini merupakan inisiasi dari anggota DPR RI komisi VII Bung Ramson,kami memang selalu melakukan hal seperti ini,disini kita melihat potensi petani kopi perlu ditingkatkan produktivitasnya,"ungkapnya.

Dikatakan,Kemenditek Dikti khususnya Direktorat Lembaga Litbang memang membina pendampingan lembaga litang yang unggul,seperti pusat penelitian kopi dan kakao sehingga pihaknya sering kali memberikan pelatihan  kepada para petani kopi diseluruh indonesia.

"Kebetulakan kami direktorat lembaga litbang memang membawahi dan membina pendampingan lembaga litbang yang unggul,salah satunya adalah pusat penelitan kopi dan kakao,"ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan teknologi budidaya kopi tersebut,bisa membuat petani kopi di kabupaten pekalongan lebih sejahtera dengan meningkatnya produktivitas.

"Semoga tumbuhannya juga bagus sesuai dengan standar SOP dari litang karena biasanya petani hanya menanam saja tidak ada sentuhan teknologinya,karena kalau sudah ada sentuhan teknologi hasilnya berbeda,mungkin yang biasanya produktivitas satu pohon hanya 10 kg bisa 15 atau 20 kg,"harapnya.

Sementara itu,Bung Ramson anggota DPR RI fraksi Gerindra yang telah menginisiasi kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa jumlah petani kopi di kabupaten pekalongan cukup banyak bahkan kopi menjadi produk unggulan pertanian kabupaten pekalongan.

"Saya selalu berfikir apa yang bisa saya buat buat untuk rakyat,ini merupakan bagaimana para petani kopi bisa meningkatkan produktivitasnya,seperti pelatihan jahe merah waktu itu."

Seperti di ketahui Bung ramson seringkali menjadi inisiator dan perantara pembangunan baik melalui pelatihan maupun pembangunan fisik,seperti sumbur bor di gandarum,penyaluran listrik untuk gutomo karanganyar,motor sampah,pembuatan pompa air,dll.
(Ros-Nk)
Powered by Blogger.