Header Ads

Pendaftaran CPNS Dibuka, BPOM Buka 737 Lowongan

Pendaftaran CPNS Dibuka, BPOM Buka 737 Lowongan
Ilustrasi tes CPNS. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) ikut membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai 26 September 2018. Ketua Panitia Seleksi (Pansel) CPNS Badan POM, Elin Herlina menyebutkan pihaknya membuka 737 formasi perekrutan CPNS.

Melalui situs setkab.go.id, lowongan yang dibuka mulai dari Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama, Verifikator Keuangan, Perencana Ahli Pertama, Analis Kelembagaan, Arsiparis, hingga Pengelola Barang Milik Negara (BMN).

Terdapat 24 kualifisikasi pendidikan untuk mengisi posisi CPNS di BPOM mulai dari apoteker, kriminologi, S1 hukum, dokter umum hingga S1 ilmu komunikasi.

"Pendaftaran penerimaan CPNS di Badan POM dibuka mulai Rabu (26 September) pukul 00.00 WIB dan ditutup Selasa (9 Oktober) pukul 24.00 WIB melalui situs https://sscn.bkn.go.id," kata Elin.


Seleksi penerimaan CPNS ini menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di 33 lokasi. Pelamar dapat memilih lokasi ujian terdekat di Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Bali, Maluku, dan Papua.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak Kartu Peserta Tanda Ujian melalui situs https://sscn.bkn.go.id.

Pelamar akan menjalani beberapa tahapan seleksi mulai dari Seleksi Administratif, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Peserta yang lulus SKD berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 3 kali jumlah formasi," lanjut Erlin.


Setelah itu pelamar akan menjalani Seleksi Kompetensi Bidang yang meliputi: tes materi sesuai jabatan menggunakan CAT dan wawancara. Hasil tes akan diumumkan pada 6 Desember 2018.

Penerimaan CPNS resmi dibuka mulai hari ini. Kuota total formasi yang tersedia yang bakal diperebutkan calon abdi negara itu berjumlah 238.015. 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan sebanyak 51.271 ada di instansi pusat yang terdiri atas 76 kementerian/lembaga. Sisanya, 186.744 slot CPNS ada di 525 instansi daerah.

Untuk di tingkat pusat, Kementerian Agama (Kemenag) paling banyak membuka slot CPNS 2018 yakni 17.175. Dari jumlah 17.175 CPNS yang akan diterima itu, alokasi terbesar diperuntukkan bagi guru dan dasar. 


Bima menyebutkan sesuai Keputusan Menteri PANRB Nomor 49 Tahun 2018, tersedia 10.520 formasi bagi guru pelamar umum, 1.480 formasi bagi guru honorer eks KII, dan 4.485 formasi dosen.

(CNNIndonesia)
Powered by Blogger.