Header Ads

Miris,Miliki 2 Anak Lumpuh,Keluarga Dasirin Tinggal Di Kandang Kerbau

KAJEN - Karena miskin,Dasirin (42) dan Sarkonah (40) memilih tinggal di kandang kerbau di tengah hutan Desa Sengare,Kecamatan Talun,Kabupten Pekalongan.Selain suami istri tersebut kedua anak perempuannya Setyaningsih (16) dan Fifi Ratnasari (10) juga turut tinggal di Kandang Kerbau tersebut.

Mirisnya lagi,kedua anak mereka mengalami kelumpuhan akibat patah tulang punggung,sedangkan didalam kandang tersebut mereka harus berbagi tempat dengan kerbau dan hanya ada sekat bambu untuk memisahkan.

Bupati Pekalongan,Kh.Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa keluarga dasirin yang hidup ditengah hutan terdeteksi oleh Pendamping PKH,yang merasa kehilangan ibu sarkonah yang ternyata meyusul suaminya ikut tinggal ditengah hutan.

"Ibu sarkonah tadinya tinggal di desa krompeng,sama pendamping PKH dicari ternyata ikut suaminya di hutan,setelah disisir ketemu,dan karena kondisinya memperihatinkan,semuanya
 sepakat usur muspika,camat talun,semuanya sepakat untuk evakuasi,hari ini (kemarin) saya datang untuk memetakan masalah yang dihadapi,"ungkapnya.

Diketahui,Dasirin sendiri tinggal dihutan sudah dua tahun,selain karena memang tidak memiliki pekerjaan dirinya juga dititipi kerbau oleh tetangganya untuk dirawat,dan nantinya akan diberikan upah anak kerbau jika sudah beranak.Sedangkan istrinya dan kedua anaknya baru ikut tinggal dihutan selama tiga bulan terakhir.

"Ada dua hal yang harus dilakukan dengan cepat,yang pertama menangani anak-anaknya,karena yang 16 tahun perkembangnnya masih sangat memperihatinkan,sedangkan yang satunya 10 tahun,besok (hari ini) akan bawa ke RSUD untuk fisioterapi,biaya total dari kita,kemudian dari dinas pendidikan juga akan menangani masalah pendidikannya,termasuk ngaji juga akan kita minta ustad-ustad sekitar sini untuk ngajari ngaji,"tuturnya.

Dilanjutkan,pihaknya juga akan membangunakan rumah yang layak serta akan memberikan bantuan berupa empat ekor kambing untuk diternak oleh keluarga pak Dasirin.(Ros-Nk)



Powered by Blogger.