Header Ads

Membidik Prestasi di Tokyo 2020 Setelah Gemilang di Asian Games 2018

Foto: Sonny Tumbelaka/AFP Photo Indonesia berpesta di tanah sendiri saat Asian Games 2018. Cukupkah jadi modal ke Olimpiade 2020 Tokyo?

Pesta olahraga se-Asia atau Asian Games yang ke-18 resmi berakhir hari Minggu, 2 September 2018. Indonesia sebagai tuan rumah memetik prestasi yang luar biasa jika dibandingkan dengan hasil di Incheon empat tahun lalu.

Kali ini, Indonesia meraup 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu dan mengunci posisi keempat. Sebelum Asian Games berlangsung, pemerintah menargetkan minimal menguasai 16 emas sebagai perhitungan mengamankan peringkat sepuluh besar Asian Games 2018.

Kepingan emas itu membuat Indonesia melampaui target sekaligus membuat rekor perolehan medali terbaik sepanjang keikutsertaan di Asian Games. Bisa dibilang Asian Games 2018 ini dijadikan patokan dan melihat sejauh mana Indonesia dapat berprestasi di bidang olahraga level Asia.

Nah, jika menatap Olimpiade 2020 Tokyo, ada delapan emas dari 31 emas yang diraih bisa menjadi modal. Ya, delapan emas yang dimenangkan diperoleh dari cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020 (olympic events). Sisanya, 23 medali emas dimenangkan baik dari nomor yang tidak akan dipertandingkan di Olimpiade 2020 ataupun dari cabor non-Olimpiade.

Tabel berikut menunjukkan klasemen Asian Games 2018 jika hanya menghitung perolehan medali dari nomor Olimpiade. Dapat dilihat bahwa Indonesia ada di posisi 11 dalam "klasemen Olimpiade" serta menjadi negara dengan penurunan medali terbesar dari klasemen resmi Asian Games 2018.
(Detik.com)
Powered by Blogger.