Header Ads

Bawaslu Kabupaten Pekalongan Temukan 4.081 DPT Bermasalah

KAJEN - Bawaslu Kabupaten Pekalongan menemukan 4.081 DPT (Daftar pemilih tetap) yang bermasalah di Kabupaten Pekalongan,Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner Bawaslu,Anis Kurliya,Rabu (12/9).

Sebelumnya Bawaslu melakukan pencermatan terhadap 717.957 DPT yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Pekalongan pada 21 Agustus lalu,hingga akhirnya diketahui adanya DPT yang bermasalah.

"Ditemukan 4.081 DPT yang bermasalah diantaranya 392 pemilih ganda,ada juga pemilih yang tidak dikenal 9 orang,kemudian pemilih yang sudah meninggal 306 orang,pemilih yang dibawah umur 3 orang,ada lagi pemilih yang belum melakukan perekaman EKTP sebanyak 3.050."

Kemudian,ditemukan juga dari DPT yang bemasalah tersebut yaitu 318 orang pindah domisili,TNI 1 orang,bukan penduduk setempat 1 orang dan hilang ingatan 1 orang.

Dikatakan,Bawaslu meminta kepada KPU Kabupaten Pekalongan agar mengeluarkan 4.081 DPT yang bermasalah dari DPT,demikian pula untuk DPT yang ganda agar dikeluarkan dari DPT.

"Dari hasil pencermatan itu,kami rekomendasikan kepada KPU untuk ditindaklanjuti,agar yang tidak memenuhi syarat (TMS) dikeluarkan dari DPT,begitu juga untuk yang ganda agar salah satu dikeluarkan,sehingga data bisa valid dan akurat,"tutur Anis.

Pihaknya berharap agar KPU Kabupaten Pekalongan segera menindaklanjuti temuan Bawaslu Kabupaten Pekalongan,karena masukkan tersebut sudah disampaikan kepada KPU Kabupaten Pekalongan pada Hari Minggu 9 sepetember kemarin.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.