Header Ads

Tuduhan Oposisi Ditolak, Mnangagwa Resmi Presiden Zimbabwe

Tuduhan Oposisi Ditolak, Mnangagwa Resmi Presiden Zimbabwe
Emmerson Mnangagwa resmi dilantik menjadi Presiden Zimbabwe, Minggu (26/8). (AFP PHOTO / Jekesai NJIKIZANA)
Jakarta - Presiden terpilih Zimbabwe Emerson Mnangagwa resmi dilantik untuk masa jabatan lima tahun, Minggu (26/8). Pelantikan digelar setelah Mahkamah Konstitusi Zimbabwe menolak tuduhan kecurangan pemilu yang diajukan oposisi.

Hakim Agung Zimbabwe Luke Malaba mengambil sumpah Mnangagwa di Stadion Olah Raga Nasional, Harare.

"Saya Emmerson Dambudzo Mnangagwa bersumpah bahwa sebagai Presiden Zimbabwe, saya akan setia kepada Zimbabwe dan akan patuh, menjunjung dan membela Konstitusi dan seluruh hukum Zimbabwe," kata Mnangagwa dalam pelantikan seperti dilaporkan kantor berita Xinhua.

Pelantikan Mnangagwa digelar setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan pemimpin oposisi Nelson Chamisa yang memprotes hasil pemilihan umum 30 Juli.

Menurut Komisi Pemilihan Umum Zimbabwe, Mnangagwa meraup 50,67 persen suara jauh di atas Chamisa yang meraih 44,3 persen suara.

Chamisa menuduh terjadi kecurangan dalam pemilu. Namun Mahkamah Konstitusi menolak petisi Chamisa, dengan alasan pemimpin oposisi Zimbabwe itu gagal menunjukkan bukti-bukti atas tuduhannya.

Sebelum terpilih, Mnangagwa naik sebagai presiden menggantikan Robert Mugabe, yang mundur setelah dipaksa militer dan partainya.

(CNNIndonesia)
Powered by Blogger.