Header Ads

Sumur Bor Desa Gandarum Diresmikan

KAJEN - Anggota DPR RI Komisi VII Bung Ramson bersama Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar serta Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan Trinanto,meresmikan Sumur Bor air bersih di Dukuh Buaran Selatan Desa Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.Rabu (15/8).

Dalam kesempatan tersebut Bung Ramson mengatakan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat salah satunya adalah memperjuangkan sumur air bersih bagi warga Gandarum.
"Sudah menjadi kewajiban saya sebagai wakil rakyat,ini salah satu yang berhasil di Kecamatan Kajen,dibeberapa daerah juga sedang saya perjuangkan agar masyarakat bisa merasakan air bersih," ungkapnya.
Meskipun dalam keadaan yang kurang sehat sehingga membuat suaranya serak,Bung Ramson mengatakan masih akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat bersama mitra DPR RI.
 "Di antaranya bersama Kementrian ESDM ini utuk terus berupaya memperjuangkan kepentingan masyarakat di dapil saya," tutur Ramson.

Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar mengungkapkan bahwa tahun 2018 ini pihaknya berencana membuat 550 titik sumur air bersih di seluruh wilayah indonesia.
"Di Tahun 2018 ini,semoga bisa selesai 550 titik sumur diseluruh wilayah indonesia,itu yang ditugaskan oleh pemerintah atas persetujuan DPR kepada badan Geologi Kementrian ESDM,"ungkapnya.

Dikatakan,pihaknya tidak bisa memenuhi seluruh permintaan dari 9.000an titik permintaan,yang baru terpenuhi adalah 1.782 titik.

"Air merupakan kebutuhan dasar manusia untuk hidup, sehingga kita tidak bisa menargetkan kapan selesainya, apalagi dengan melihat perkembangan iklim, perkembangan lingkungan, potensi air ada sedikit penurunan. Mungkin 20 tahun atau 30 tahun yang lalu di sini belum ketara adanya kekurangan air, tapi populasi bertambah, lingkungan ada perubahan, sehingga sekarang terjadi kekeringan pada bulan-bulan terakhir ini," jelasnya.

Menurutnya,kekeringan hampir merata dari barat mulai Cilegon sampai Banyuwangi,termasuk di Bandung, Bogor, Ciamis,dan Garut,sedangkan di Jawa Tengah mulai dari Banyumas hingga gunung kidul.

"Untuk sumur di Desa Gandarum ini kedalamannya 120 meter, dengan debit 2,5 liter perdetik. Jika pemanfaatannya optimal, bisa mencukupi 3.600 jiwa. Anggarannya sendiri Rp 335 juta.
Sementara itu Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan Trinanto menambahkan,bahwa akses layanan air bersih di Kabupaten Pekalongan baru sekitar 79 persen,untuk itu pihaknya akan terus berupaya mengatasi masalah kekurangan air bersih di Kabupaten Pekalongan.
(Ros-Nk)
Powered by Blogger.