Header Ads

Pemkab Pekalongan Kurban 19 Ekor Sapi Dan 10 Ekor Kambing

KAJEN Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si dan Wakil Bupati Ir. Hj. Arini Harimurti melakukan Shalat Idul Adha di Masjid Jami Al-Muhtaram Kajen, Kabupaten Pekalongan, Rabu (22/8/2018) pagi. Bupati dan Wakil Bupati berbaur dengan warga Kajen, termasuk Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH., yang ikut serta dalam peringatan hari besar itu. 

Seusai shalat, Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD masing-masing menyerahkan satu ekor sapi kepada pengurus masjid. Sapi-sapi itu nantinya dipotong untuk dibagikan ke masyarakat sekitar.

Bupati mengungkapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1439 H di Masjid Jami Al-Muhtaram Kajen ini adalah hari raya yang diselenggarakan oleh takmir masjid dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Pada tahun 2018 ini, kata Bupati, keluarga besar ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemkab Pekalongan bisa mengumpulkan hewan qurban sebanyak 19 ekor sapi dan 10 ekor kambing, yang berasal dari Bupati, Wakil Bupati,  Ketua DPRD, Kapolres, beserta segenap OPD. 

Dijelaskan Bupati, dari 19 ekor sapi tersebut, yang dipotong di halaman Masjid Jami Al-Muhataram Kajen sebanyak 10 ekor, sisanya 9 ekor didistribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan masing-masing satu ekor sapi, antara lain Desa Jeruksari Kecamatan Tirto, Desa Timbangsari Kecamatan Lebakbarang, Desa Lemahabang Kecamatan Doro, Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi, Dukuh Purbo Desa Jolotigo Kecamatan Talun, Desa Kemasan Kecamatan Bojong.

Selanjutnya, Ponpes At-Taufiqy Wonopringgo, Ponpes Miftakhul Huda Pesantunan Kedungwuni, dan Masjid Al-Asyari Desa Karangsari Kecamatan Karanganyar. Sedangkan untuk kambing, 7 ekor disembelih di Masjid Jami Al-Muhtaram Kajen ini dan 3 ekor kambing lainnya didistribusikan ke Desa Linggoasri Kecamatan Kajen.

“Ini adalah bentuk dari kepedulian keluarga besar ASN Kabupaten Pekalongan dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah ini. Alhamdulillah telah terjadi kesadaran kolektif dari seluruh ASN di Kota Santri ini sehingga tahun ini jumlah hewan qurbannya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dan insya Allah untuk tahun-tahun mendatang akan kita tingkatkan lagi,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan kenapa pihaknya dalam berqurban dipusatkan di Kajen. Kata Bupati karena di Kajen ini sehari-hari para ASN mengabdi untuk bekerja di Ibu Kota Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu sebagian rezekinya disisihkan untuk kemaslahatan masyarakat Kajen.

“Yang lebih penting lagi adalah momentum Hari Raya Idul Adha untuk lebih meningkatkan terus spirit perjuangan dan pengorbanan yang telah diwariskan oleh Nabi Ibrahim AS, sehingga itu menjadi bekal pembangunan kita utamanya dalam rangka momentum menyongsong Hari Jadi ke-396 Kabupaten Pekalongan yang puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus 2018 nanti,” imbuhnya.
Powered by Blogger.