Header Ads

Panen Raya Di Lahan Demplot Untuk Swasembada Pangan

KAJEN - Panen Raya padi jenis ciherang di lakukan oleh Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha bersama Kapolres Pekalongan,Kepala Dinas Pertanian dan Korluh serta Para Petani,di lahan demplot ketahanan pangan Desa Tanjungsari Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ,Kamis (9/8).


Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha mengungkapkan bahwa pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Kodim bertujuan untuk mensejahterakan petani dan tercapai swasembada pangan.

"Panen raya pagi ini ini seluas 5 hektar,jenisnya ciherang,kita lakukan pendampingan pertanian ini harapannya bisa mensejahterakan petani dan swasembada pangan,sehingga tidak perlu mengimpor beras dari luar negeri,"ungkapnya.

Adapun untuk menghadapi musim kemarau Kodim 0710 Pekalongan tetap melakukan pendampingan dengan Tim Penyuluh dan POPT pertanian.

"Selain itu mensiasati kekeringan dengan menggalakan penanaman padi jenis gogo agar menjadi solusi karena varietas ini lebih tahan ketika musim kemarau karena tidak terlalu banyak membutuhkan air sehingga lahan tidak menganggur."

Dikatakan,selain itu pihaknya juga mengajukan bantuan untuk pembuatan sumur dangkal,pipanisasi dan sumur bor.

"Alhamdulillah kemarin dari dinas pertanian siap untuk memberikan bantuan pompa maupun pipanisasi,"tuturnya.
(Ros-Nk)

Powered by Blogger.