Header Ads

Kemenkeu Siapkan Rp 6 Triliun Untuk Kenaikan Gaji PNS

Foto: istimewa
(Foto : Istimewa)
Jakarta - Pemerintah kembali akan menaikan gaji aparat pemerintahan. Kementerian Keuangan telah menganggarkan dana hingga Rp 6 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk kenaikan gaji pokok sebesar 5 persen, pemberian THR yang berisi komponen tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja serta gaji ke 13.
"Alokasi kalau nggak salah sekitar Rp 5-6 triliun dari pemerintah pusat. Soalnya yang daerah kan masuk APBD dan APBD itu dari Dana Alokasi Umum (DAU) . Plus pensiun itu biasanya tanggung jawab pusat," kata Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).
Pemerintah juga akan memasukkan komponen dana untuk THR dan gaji ke 13 PNS dalam DAU ke daerah yang tahun depan ditetapkan sebesar Rp 414,9 triliun yang bersifat final. Angka itu lebih besar dari tahun ini yang sebesar Rp 401,5 triliun.

Menurutnya, kenaikan gaji pokok PNS sebesar 5persen, dimaksudkan untuk menyesuaikan pemasukan para PNS yang sejak 2015 tidak mendapatkan kenaikan gaji.

"Sebenarnya dua tahun lalu konsisten naik setiap tahun. Tentunya sesuai dengan kemampuan fiskal jadi kita enggak bisa langsung geber. Kita seimbangkan dulu dengan kebijakan THR dulu bagaimana. Setelah stabil baru kemudian kebijakan gaji pokok yang selama ini normal dijalankan lagi," jelasnya. 
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tahun depan pemerintah tetap akan memberikan THR dengan kandungan yang sama. Selain gaji ada pula komponen keluarga dan tunjangan kinerja dalam  THR PNS di 2019.
(Suara Merdeka)
Powered by Blogger.