Header Ads

Kajen Batik Carnival Musim Ke Tiga Sukses Digelar

KAJEN Kajen Batik Carnival 2018 sebagai event tahunan yang diprakarsai oleh Dekranasda Kabupaten Pekalongan memasuki musim ke tiga dan telah sukses digelar,pada minggu siang kemarin (26/8).
Respon masyarakat dari tahun ke tahun semakin baik terutama dari sisi keikutsertaannya dalam kompetisi kostum karnaval ini.Tahun ini targetnya adalah 50 peserta dan tercapai 60 peserta. 
Dari Sebanyak 60 Peserta tersebut terbagi menjadi tiga kategori. SMP 17 peserta, SMA 14 dan kategori umum sebanyak 29 peserta. Bahkan untuk kategori umum, terdapat peserta dari luar daerah seperti kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.
 
Adapun Kajen batik carnival tahun ini mengambil tema " Karya Besar Kerajinan Kabupaten Pekalongan ".Dekranasda sebagai wadah kerajinan daerah ingin mengekplorasi kekayaan kerajinan yang di miliki kabupaten pekalongan, seperti Batik, Kraf, Jeans, dan lain sebagainya. 



Kepala Dinas perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Pekalongan, Urip Budi Riantini mengatakan bahwa Batik Carnival selalu digelar agar bisa menemukan bibit desainer muda di kabupaten pekalongan.

"Serta agar dapat menggali potensi desain batik yang tersebar di penjuru Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini juga untuk memeriahkan Hut ke 396 Kabupaten Pekalongan,untuk mempromosikan dan mengangkat potensi batik Kabupaten Pekalongan,serta memberikan fasilitas bagi pelaku perajin batik,” ungkapnya.

Pihaknya berharap,nantinya kostum batik carnival bisa menjadi peluang bisnis dan industri baru di Kabupaten Pekalongan,apalagi menurutnya,pasar batik kini sangat menjanjikan untuk digeluti karena pesanan kostum karnaval sering datang baik dari luar daerah maupun mancanegara.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.