Header Ads

Detik-Detik Proklamasi Di Alun-Alun Kajen

KAJENBupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si memimpin upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tingkat Kabupaten Pekalongan di alun-alun Kajen, Jumat (17/8).

 Dalam upacara detik-detik proklamasi ke-73, Bupati Pekalongan membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH.,M.IP. 

Gubernur dalam sambutan tertulisnya mengungkapkan, spirit dan nilai-nilai yang dimiliki Jawa Tengah itu luar biasa. Di antaranya tepa selira, gotong royong, mempunyai empati, serta budi pekerti yang luhur. Maka sudah seharusnya semua meneladani nilai-nilai kejuangan para pahlawan dalam kehidupan nyata. Praktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Implementasi rasa empati warga Jateng terhadap bencana gempa bumi yang melanda Lombok belum lama ini, maka menangisnya Lombok juga tangisnya Jawa Tengah, sehingga Jateng harus turut membantu,” ujar Gubernur.

Selain itu, kata Gubernur, prestasi bangsa juga harus dikontribusikan dari Jateng. Seperti penurunan kemiskinan, cara berkomunikasi dengan baik, bangunan fisik ataupun nonfisik, mental spiritual, serta membangun karakter. Ini yang meski terus didorong dan senantiasa menjaga perasaan antarsesama, khususnya di Jawa Tengah, Indonesia, bahkan dunia.

Dalam upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 RI tersebut, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat menggelorakan semangat untuk menorehkan prestasi pada ajang Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Meskipun Jawa Tengah tidak menjadi lokasi pertandingan, semua bereforia dan dukung perhelatan olahraga empat tahunan tersebut.

“Kta juga menyumbang atlet tampil di Asian Games. Makanya rasa itu pun kita berikan, kita dengungkan dari tempat kita, bahkan kelompok-kelompok masyarakat mereka memviralkan dukungan-dukungan dengan yel-yel, menggambar temboknya, bercerita spiritnya, mereka nge-vlog, mereka memberikan beragam dukungan,” beber gubernur.

Menurutnya, semua itu bagian dari kegembiraan masyarakat yang telah puluhan tahun menanti kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games. Karena itu semua harus menjadi tuan rumah yang baik dan tunjukkan bahwa Indonesia bangsa besar yang mampu mengelola olahraga.

“Buktikan bahwa kita adalah bangsa besar yang punya jiwa sportivitas tinggi, dan nilai-nilai kejuangan yang tidak pernah padam. Ibu Pertiwi selalu memanggil putra-putrinya untuk berkarya,” tandasnya.

Gubernur meminta kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk terus berhimpun dalam sumbangan pemikiran, serta gagasan kreatif guna diwakafkan bagi bangsa. Ia juga mengajak semua mengambil bagian memberikan peran untuk kemajuan bangsa dan negara, serta bergotong royong membangun bangsa dan memperkuat negara.

Pada akhir sambutannya, gubernur mengapresiasi para generasi muda bangsa berprestasi asal Jateng. Prestasi gemilang telah mereka raih dari kejuaraan berbagai bidang di tingkat internasional. Ada atlet-atlet muda berbakat yang telah nenyumbangkan medali emas dari cabang atletik, karate, voli pantai, wushu junior, dan sepak takraw, pencak silat. Tidak ketinggalan pula empat penggawa Timnas Indonesia U-16 asal Jateng yang telah mengharumkan Indonesia di Piala AFF U-16 2018. 
 
 Hadir dalam upacar tersebut Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH., Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, SH.,S.IK.,M.Si, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto, Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Sarwono, SH.MH, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pekalongan Drs. H. Suwoto, SH, MH.

Selanjutnya, hadir pula para Wakil Ketua DPRD beserta seluruh Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM., beserta para Asisten, para Staf Ahli Bupati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kades/Kepala Kelurahan se Kabupaten Pekalongan, para Veteran, perwakilan organisasi masyarakat se Kabupaten Pekalongan, instansi vertikal, BUMN/BUMD. Dan diikuti ribuan peserta upacara yang terdiri dari perwakilan TNI, Polri, ASN, mahasiswa, pelajar, organisasi masyarakat.
Powered by Blogger.