Header Ads

Debit Air Permukaan Mengalami Penyusutan



KAJEN - Memasuki musim kemarau debit air di wilayah Kabupaten Pekalongan terjadi pengurangan,meskipun tidak terlalu signifikan,namun daerah yang sumber airnya berasal dari permukaan seperti Kecamatan Doro dan Kecamatan Kedungwuni mengalami penyusutan.Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PDAM Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan,Imam di kantornya,Kemarin.

"Yang sumber airnya dari sumur masih tetap,kapasitanya masih hampir sama,yang berkurang itu dari air permukaan itu untuk suplay doro dan kedungwuni karena sumber airnya dari air permukaan atau sungai-sungai karena mulai mengering,"ungkap imam.

Dikatakan,hal tersebut berdampak pada suplai air untuk daerah Kecamatan Kedungwuni,Kecamatan Doro dan Kecamatan Bojong yang dialiri dari pipa Gutomo.

Adapaun,untuk mengatasi hal tersebut pihaknya melakukan beberapa cara diantaranya dengan mengumpulkan sumber-sumber air yang masih ada dan kemudian dialirkan ke sumber PDAM.

"Untuk mengantisipasi yaitu dari  daerah hulu kita mengumpulkan sumber-sumber air yang masih ada kita alirkan ke sumber kita,ini tugas dari karyawan produksi kita yang disana bagaimana pinter-pinternya mengatur air,"jelasnya.

Sementara itu yang perlu diwaspadai untuk sumber  air permukaan yaitu adanya efek sampah pada musim kemarau yang membuat kwalitas kebersihan air permukaan menjadi berkurang.

"Yang debitnya mulai berkurang adalah mata air lingo asri,walaupun masih dalam kategori aman karena hanya berkurang sekitar 10 persen ,sedangkan dari air permukaan berkurang hingga 20 persen,"pungkasnya.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.