Header Ads

Bupati Minta Masyarakat Tingkatkan Minat Baca Dan Melek Arsip

KAJEN - Launching pameran buku dan arsip 2018 dilakukan Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi di Gedung Pertemuan Umum Kajen,Jum'at siang kemarin (24/8).Pameran Buku dan Arsip tersebut merupakan rangakian acaran peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 396.

Asip Kholbihi mengatakan Dinas kearsipan dan perpustakaan jawa tengah juga ikut berkontibusi dalam pameran buku dan arsip kabupaten pekalongan tersebut.

"Ada dari dinas kearsipan dan perpustakaan jawa tengah juga ikut berkontribusi,"ungkapnya.

Menurutnya,arsip merupakan tonggak penting dari jejak rekam masa lalu dari peradaban  suatu daerah,baik yang tertulis secara konvensional maupun digital.

"Arsip digital juga sudah kita perlukan,karena ini untuk bekal kita melangkah kedepan,karena menggali nilai lama yang baik tentu dari arsip dan kita juga gali lagi nilai-nilai yang lebih baik,ini spirit mengapa kita harus menjaga arsip."terangnya.

Dikatakan,arsip di kabupaten pekalongan yang terdokumentasi hanya sejak tahun 90an,untuk itu pihaknya berharap bisa menggali lagi sejarah kabupaten pekalongan baik sejak masa revolusi,kemerdekaan maupun jaman kerajaan mataram.

"Sehingga nanti akan dapat gambaran yang utuh tentang profile  kabupaten pekalongan,bisa jadi mungkin tersimpan di kraton jogja,kraton solo atau leiden (sebuah universitas tertua di belanda),"tuturnya.

Bupati berharap, pameran buku dan arsip 2018 kabupaten pekalongan bisa meningkatkan minat baca masyarakat dan masyarakat semakin melek arsip.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.