Header Ads

Wujudkan Desa Sehat,Kecamatan Siwalan Gerakkan 'GEMA SAHE'

KAJEN - "GEMA SAHE" Gerakan Masyarakat Sapu Bersih Sampah dan Helicopter (sebutan jamban sungai) digelar Pemerintah Desa Mejasem Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan,untuk mewujudkan desa sehat.Pada Jum'at (13/7).

Kegiatan 'Gema Sahe' ini ditandai dengan pelaksanaan bersih-bersih sepanjang jalan desa Mejasem dan pembongkaran helicopter (jamban sungai) di aliran sungai Mejasem.Adapun dari pemerintah Desa Mejasem menyerahkan bantuan 30 Unit Jamban Keluarga dan 28 tempat sampah.

Ketua Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (GENTONG HEBAT) Kabupaten Pekalongan Dra Hj. Munafah Asip Kholbihi mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak Camat Siwalan dan Bapak Kepala Desa Mejasem yang sudah merespon program inovasi TP PKK Kabupaten Pekalongan GENTONG HEBAT dengan kegiatan bareng-bareng membersihkan lingkungan menuju Desa Sehat Kabupaten Pekalongan.

"Bapak Camat Siwalan ini rupanya sangat merespon kegiatan Gentong Hebat. dengan kehadiran semua dinas terkait ada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bappeda, Dinas PMD P3A PPKB, Unsur TNI POLRI, Karangtaruna dan warga masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam membersihkan desa Mejasem ini banyak seperti ini. ini bisa menjadi contoh untuk Kecamatan yang lain, sengkuyung semua". terang Hj. Munafah.

Sementara itu, Camat Siwalan Drs Sugino. M.Si  meminta kepada semua pihak untuk terus melestarikan kegiatan GEMA SAHE.

"Alhamdulillah semua nya hadir. karena program seperti ini tidak mungkin Desa atau Kecamatan berjalan sendiri, harus sengkuyung semua.Kami mohon dukungan semua pihak, agar program GEMA SAHE ini akan terus berkesinambungan di desa se Kecamatan Siwalan,"ungkapnya.

Dikatakan,Kecamatan Siwalan masih membutuhkan bantuan infrastruktur jamban dan tempat sampah. untuk itu pihaknya meminta bantuan dinas terkait.

"Saya sudah mencari terobosan kepada pihak ketiga, Alhamdulillah ada tambahan 50 unit jamban dari Bankeu, Aspirasi DPR, CSR Bank dan CSR Peusahaan,"ucap Sugino.

Ditambahkan,program GEMA SAHE di desa Mejasem ini hanya sebagai percontohan. kedepan semua desa di Kecamatan Siwalan akan digerakkan untuk mewujudkan Desa sehat Kabupaten Pekalongan.

Adapun kegiatan GEMA SAHE di Desa Mejasem tersebut melibatkan warga masyarakat desa Mejasem, anggota TNI dan POLRI, pasukan Kebersihan dinas Perkim LH, Hakli, LSM pegiat Lingkungan, dan GENTONG HEBAT.
Powered by Blogger.