Header Ads

Pilkades Tak Lagi Gunakan Gambar Palawija

KAJEN -  Penggunaan gambar palawija dalam surat suara Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades 2018 dihilangkan dalam surat suara. Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten I Setda,Ali Reza,Kemarin.

"Ada beberapa aturan baru dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun ini,diantaranya,kalau dulu biasanya tiap calon digambarkan dengan gambar palawija seperti jagung, padi, dan ketela. Sekarang hanya nomor urut, foto, dan nama calon," ungkapnya.


Dilanjutkan,tidak boleh ada calon tunggal, atau melawan kotak kosong sedangkan usia minimal calon kades adalah 25 tahun,dan tidak ada batasan usia maksimal.

"Syarat lainnya, pendidikan minimal SMP sederajat.  Batasan maksimal mantan kades yang ingin kembali bertarung adalah tiga kali masa jabatan,"katanya.

Dikatakan, masa jabatan kades dulu ada yang 6 tahun, 8 tahun, dan 10 tahun. 

"Untuk yang pernah mengalami masa jabatan kades 10 tahun dihitung dua kali menjabat kades," jelasnya.
.
Sementara itu bagi calon kades dari unsur PNS, Polri, dan TNI aktif harus meminta izin pimpinannya dan tidak perlu mengundurkan diri saat maju dalam pencalonan. 

"Mereka baru nonaktif setelah menjadi kades terpilih,"tuturnya.

Diketahui,sebanyak 33 Desa dari 17 kecamatan di Kabupaten Pekalongan akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada bulan Nopember mendatang. (ros-nk)

Powered by Blogger.