Header Ads

Perubahan di Trek BMX Tak Pengaruhi Status Berstandar Internasional

Perubahan di Trek BMX Tak Pengaruhi Status Berstandar InternasionalTrek BMX di Pulo Mas, yang akan jadi venue Asian Games 2018, bakal mengalami sedikit perubahan. Ini tak mempengaruhi statusnya yang sudah sesuai standar internasional.

Venue di Pulo Mas itu belum sepenuhnya beres. Ada perubahan yang harus dilakukan, yakni mengubah panjang trek dari 360 meter menjadi 365 meter.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari, perubahan dilakukan semata demi faktor estetis terkait pengambilan gambar lomba.

Ia pun menegaskan bahwa perubahan ini takkan mempengaruhi standar trek. Sesuai aturan Union Cycliste Internationale (UCI), panjang trek tidak boleh lebih dari 400 meter dan perubahan pada trex BMX di Pulo Mas pun masih memenuhi syarat tersebut.

"Trek BMX sudah sesuai dengan standar internasional. Apakah panjang trek dimajukan atau dimundurkan 20 meter tak akan mengubah standar internasional venue. Sebab standar internasionalnya itu harus dibawah 400 meter," katanya saat dihubungi, Jumat (20/7/2018).

"Jadi berdasar itu juga, kami (PB ISSI) akan meminta surat dari Asian Cycling Confederation (ACC) untuk mempertegas hal tersebut. Untuk kemudian kami (ISSI) mengeluarkan surat rekomendasi terkait penjelasan tersebut. Federasi umumnya mengeluarkan legitiminasi seperti itu dan selalu melibatkan commissaire International UCI untuk menetapkan layak maupun tidak layaknya venue sesuai dgn standart UCI," tuturnya.
(Detik.com)
Powered by Blogger.