Header Ads

Lakalantas,10 Hari 8 Orang Tewas

KAJEN - Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan merenggut nyawa 8 orang dalam 10 hari terakhir.Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Pekalongan,AKP Bobby Anugrah Rachman,Kemarin.

"Faktor terbesarnya adalah kelalaian manusia,yaitu dimana semuanya hampir sama yaitu untuk sepeda motor berusaha menyalip kendaraan yang ada didepannya,tetapi dia tidak memperkirakan laju dari kecepatan kendaraan,sehingga tidak sampai menyalip ditabrak oleh kendaraan yang berlawanan arah,sehingga menyebabkan meninggal dunia,"ungkap Kasatlantas.

Dilanjutkan,faktor lainnya yaitu faktor lingkungan adanya polisi tidur yang terlalu tinggi tidak sesuai prosedur.sehingga pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub mengenai polisi tidur sesuai dengan Surat Keputusan Menteri No.3 Tahun 1994.

"Kita sudah koordinasi dengan Dishub berdasarkan surat keputusan menteri no.3 tahun 94 tentang alat pengaman dan pengendali keselamatan jalan bahwa adanya spesifikasi pembangunan polisi tidur atau pita penggaduh, karena salah pembangunannya yang telah melebihi spek tek,"tuturnya.

Dijelaskan,pembangunan polisi tidur yang benar sesuai aturan menteri yaitu tinggi maksimal 12 cm dengan derajat kemiringan 15 persen,dan lebar minimum 15 cm. 

Sementara itu ditanya mengenai kekurangan Material SIM Kasat Lantas mengaku sudah kekurangan hingga 5.000 material SIM dalam 2 bulan terakhir ini,sehingga pemohon SIM hanya diberi Surat Keterangan sementara SIM,hingga kemarin pihaknya belum bisa memastikan kapan material SIM datang karena berpusat di Korlantas.(Ros-Nk)


Powered by Blogger.