Header Ads

Kenalkan, Samantha Edithso sang Juara Dunia Catur U-10

Kenalkan, Samantha Edithso sang Juara Dunia Catur U-10Indonesia kini punya juara-juara dunia yang membanggakan. Setelah Lalu Muhammad Zohri, ada pula pecatur cilik yang juga sukses menjadi juara dunia.

Dia adalah Samantha Edithso. Dia mengantongi gelar juara dunia pada kejuaraan FIDE World Championship 2018 U-10 di Minsk, Belarusia, akhir Juni lalu.

Samantha juga mendapat apresiasi yang sama dari pemerintah yakni bonus uang sebesar Rp 40 juta. Seremoni pemberian apresiasi dilakukan di ruangan Menpora lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Senin (23/7/2018).

Selain Samantha, apresiasi juga diberikan kepada Fauzan Noor juara dunia Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) di Praha, Republik Ceko dan juara dunia wushu junior di Brasil, Jevon Kusmoyo, dari nomor Taiji Pedang.

"Saya senang sekali dan juga sebenarnya tidak mengira diundang ke sini. Tidak menyangka," kata Samantha menyoal apresiasi yang diberikan.

Samantha menjadi pemenang setelah mendapat remis satu kali saat melawan pecatur Uzbekistan, Afruza Khamdamova, pada pertandingan ketiga. Sampai akhirnya dia bisa menjadi juara FIDE World Cadets Rapid & Blitz Chess Championships yang diikuti. Dia mendapatkan nilai akhir 8,5 poin.

"Sebenarnya kebetulan juga, pas babak ketiga soalnya saya kalah, tapi lawan saya tidak tahu tiba-tiba malah jadi remis, setengah-setengah poinnya. Posisi saya kan (padahal) sudah kalah banget, tapi kebetulan saja bisa draw gitu. Tapi saya bersyukur, bisa bawa medali buat Indonesia," ucapnya.
(Detik.com)
Powered by Blogger.