Header Ads

Kemenko PMK-YBM BRI Berikan Beasiswa ke 300 Mahasiswa di 17 PTN

Kemenko PMK-YBM BRI Berikan Beasiswa ke 300 Mahasiswa di 17 PTN
Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono. Foto: Detikcom
Jakarta - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menerima sekitar 300 mahasiswa penerima beasiswa Kader Surau Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank BRI 2018 angkatan ke-3 di Gedung Kemenko PMK Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono mengharapkan penerima beasiswa Kader Surau yang telah terpilih bisa memimpin bangsa di masa mendatang.
"Saya sarankan betul adek-adek (penerima beasiswa) agar bisa menjaga integritas. Karena hanya dengan bekal itu dan kecerdasan yang utuh, maka insyaallah karier akan berhasil," kata Agus, Jumat (20/7/2018).

Hal ini disampaikan Agus pada acara Sarasehan Nasional Penyerahan Beasiswa Kader Surau YBM BRI 2018 Angkatan Ke-3 di Gedung Kemenko PMK Jakarta Pusat.
Ia mengatakan bahwa beasiswa ini bertujuan untuk mencetak calon pemimpin di masa depan karena Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Ia mengharapkan bahwa para penerima beasiswa Kader Surau ini bisa mewarnai kehidupan bangsa dan negara.

"Jadi tujuannya tiga tahun lalu, semata-mata untuk menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa kita tahun 2040, 2050 kita akan mengalami masa keemasan dengan bonus demografi yang ada," imbuhnya.

Agus juga mengimbau agar mereka belajar dengan baik dan memiliki jaringan yang luas dalam acara seperti saat ini. Ia pun meminta Kader Surau harus aktif di berbagai organisasi dan menjauhi paham radikalisme di kawasan kampus. Untuk itu para penerima beasiswa dibekali mengenai kebhinekaan.
"Mereka (penerima beasiswa) belajar tentang kebhinekaan. Saya pesankan empat pilar kebangsaan itu sudah final dan jangan lagi menghabiskan energi untuk berdiskusi masalah itu," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen YPM BRI Septian Uhyandi menjelaskan sebagai calon pemimpin bangsa, mahasiswa tak hanya harus pintar otak, namun juga aktif di organisasi dan kegiatan keagamaan.
"Harus bisa memotori salat subuh berjamaah di masjid, harus menambah hafalan Alquran," kata Septian.

Ia melanjutkan untuk bisa menerima beasiswa ini, mahasiswa harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.00. Beasiswa ini diberikan 3 tahun penuh hingga lulus kuliah pada tahun keempat. Dengan syarat tersebut, YBM BRI dan Kemenko PMK juga akan memberikan tempat tinggal gratis, uang makan, dan uang belanja.

Acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa penerima beasiswa Kader Surau ini juga diselingi oleh peluncuran buku 'Jejak Pikiran Kader Surau' yang berisikan pengalaman kader di dua tahun sebelumnya.
(Detik.com)
 
Powered by Blogger.