Header Ads

Jelang Asian Games, Peningkatan Mental Atlet Jadi Perhatian

Jelang Asian Games, Peningkatan Mental Atlet Jadi PerhatianAsian Games 2018 tak lama lagi akan berlangsung. KONI melalui program pengawasan dan pendampingan menekankan pentingnya peningkatan mental para atlet.

Faktor mental menjadi salah satu aspek penting atlet dalam berkompetisi. Ketatnya persaingan di Asian Games, jika tidak didukung dengan kematangan mental berpotensi membuat atlet tak maksimal.

Ketua Bidang Sport Science dan IPTEK KONI Lilik Sudarwati mengatakan secara umum ada tiga aspek yang digali setiap tim ketika melakukan pengawasan dan pembimbingan (wasping). Pertama kendala yang dihadapi selama latihan. Kedua, sejauh mana progres persiapan. Ketiga, yang tidak kalah penting, sharing dan psychology skills.


"Karena ada beberapa atlet yang secara teknis bagus tapi belum memahami aspek-aspek psikologis yang bisa mendukung penampilan mereka. Misalnya, bagaimana merelaksasi diri dari program-program yang sudah dijalani selama ini atau berkomunikasi dengan tim. Hal-hal seperti itu yang perlu dikuatkan," ujar Lilik.

Dia menambahkan ada beberapa cabor menyatakan keinginan untuk segera memasuki Perkampungan Atlet. Hal itu dilakukan agar atlet lebih cepat beradaptasi.
(Detik.com)
Powered by Blogger.