Header Ads

Cuci Motor Di Sungai,Musa Temukan Patung

KAJEN - Musa Abdullah (17) warga Desa Tegalrejo Rt.09 Rw.04 Desa Pringsurat Kabupaten Pekalongan,pemuda yang pertama kali menemukan arca di sungai Jampangan Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan mengaku awalnya hanya berniat mencuci motor disungai dan nongkrong dijembatan,Kamis (12/7).

"Saya awalnya  cuma cuci motor terus nongkrong,saya berdiri di sebelah tadahan jembatan,terus melihat batu berukir,saya penasaran setelah saya lihat kok patung,setelah itu saya dan kawan saya angkat ke atas,kita cari lagi dan ternyata ada lagi, ada lagi,"ungkapnya.

Dikatakan,bahwa sungai tersebut memang sering digunakan untuk bermain,mencuci motor dan untuk memandikan kerbau milik warga.

"Total ada 5 patung,semuanya misah tidak di satu tempat.kepalanya misah-misah,"jelasnya.

Sementara itu salah seorang perangkat desa,mengatakan bahwa arca merupakan patung peninggalan kuno namun,pihaknya belum menentukan apakah patung yang ditemukan tersebut patung kuno atau bukan.

"Kita tidak bisa memprediksi itu patung kuno atau buatan sekarang,upaya dari pihak desa sudah ke kabupaten dinas pendidikan dan kebudayaan,sekarang tindak lanjut ke badan arkeolog,"tuturnya.

Dikatakan,kini patung tersebut sudah dititikan di Polsek Kajen.

Sementara itu Bupati pekalongan ketika ditanya mengenai penemuan patung tersebut mengatakan bahwa sungai tersebut sudah biasa digunakan warga untuk mencuci motor maupun kerbau,namun baru kali ini ditemukan patung tersebut.

"Setelah kami koordinasi dengan dinas kebudayaan,kami melayangkan surat untuk dilakukan penelitian,apakah itu termasuk benda bersejarah,benda purbakala atau bukan."


Powered by Blogger.