Header Ads

Bupati Resmikan Gedung MWC NU Kesesi

KAJEN – Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kesesi diresmikan oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati di gedung setempat yang beralamat di Jalan Raya Kaibahan Kesesi Kabupaten Pekalongan atau tepatnya di depan SMK Maarif NU Kesesi,Sabtu (14/7).

Peresmian dihadiri antara lain oleh Asisten Administrasi Sekda H. Amat Rosyidin, M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ny. Munafah Asip Kholbih, unsur Syuriah PCNU Kabupaten Pekalongan KH. Minanul Azis, badan otonom seperti Fatayat NU, Muslimat NU, Ansor, IPNU-IPPNU, serta warga masyarakat Kecamatan Kesesi.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada MWC NU yang telah memiliki gedung sendiri. Bupati mendorong beberapa MWC NU di Kabupaten Pekalongan yang belum memiliki gedung untuk bisa meniru apa yang telah dilakukan oleh MWC NU Kesesi.

Kata Bupati, MWC NU Kesesi adalah salah satu MWC NU tergiat dalam setiap kegiatan-kegiatannya sehingga menjadi inspirasi dari MWC NU yang lainnya.

 “Hal tersebut tidak lepas dari solid dan kekompakkan para pengurusnya. Dan tidak kalah penting adalah bahwa perjuangan di jamiyyah Nahdlatul Ulama akan mendatangkan nilai maslaha yang luar biasa baik maslaha di dunia maupun akhirat,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, NU adalah lembaga yang sangat peduli akan persoalan-persoalan sosial, persoalan-persoalan pendidikan Maarif. Hal tersebut dibuktikan banyaknya sekolah-sekolah Maarif NU baik SMP maupun SMK di tiap MWC NU.

“Saya kira ini kepedulian bagaimana kita mendapatkan jaminan selamat dunia maupun akhirat. Karena modal selamat dunia dan akhirat, salah satunya adalah ketika kita mempunyai basic pendidikan yang bagus,” tutur Bupati.

Masih menurut Bupati,NU juga mengembangkan lembaga-lembaga sosial Mabarrot, kesehatan, dan lembaga-lembaga (badan-badan otonomo) sayap NU lainnya yang semuanya mengurusi masalah dunia dan akhirat.

Terkait dengan telah diresmikannya gedung MWC NU Kesesi, Bupati berharap bisa menjadi energy yang positif untuk didedikasikan bagi kepentingan masyarakat Kecamatan Kesesi dalam rangka menjamin keselamatan dunia dan akhirat.

“Disamping itu keperpihakan bagi mereka yang lemah, mereka yang belum mendapatkan akses yang layak akan pelayanan atas program-program dari Pemerintah setempat. Seperti mandat yang disampaikan Hadratus Syech Hasyim Asy’ari yakni tidak sekali-kali organisasi ini kita dirikan kecuali untuk mengentaskan kaum-kaum tertindas,” tegas Bupati.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana pembangunan kantor MWC NU Kesesi – H. Yoyon Ustar Hidayat, M.Si yang sekaligus Kepala Dinsos Kabupaten Pekalongan, dalam laporannya memaparkan pembangunan gedung MWC NU Kesesi berjalan selama lebih kurang 1 tahun yaitu mulai tanggal 24 April 2017 hingga 30 April 2018, dengan total anggaran sebesar Rp 555 juta rupiah.

“Anggaran tersebut bersumber dari kas murni MWC NU Kesesi dan beberapa bantuan personal yang tidak mengikat seperti dari beliau bapak Asip Kholbihi selaku pribadi dan dari Pemkab Pekalongan dan para guru serta siswa di bawah naungan Maarif NU Kesesi,” kata Yoyon.

Yoyon atas nama segenap pengurus berharap kemajuan dan kegiatan organisasi MWC NU Kesesi untuk terus-menerus ditingkatkan untuk mewujudkan MWC NU Kesesi menjadi MWC NU terdepan di Kabupaten Pekalongan.

Senada dengan Yoyon, Ketua MWC NU Kesesi – H. Kusnoto dalam sambutannya menuturkan pembangunan gedung MWC NU Kesesi ini adalah murni swadaya warga NU Kecamatan Kesesi.

Kusnoto berharap, setelah diresmikannya gedung MWC NU ini kelembagaan dibawah naungan NU semakin kokoh dan maju. 

“Kita sebagai warga nahdliyyin Kecamatan Kesesi patut berbangga karena SMK Maarif NU Kesesi sebagai penopang MWC NU Kesesi, tahun 2018 ini sebanyak 489 siswa baru yang mendaftar. Ini adalah aset MWC NU Kesesi, yang sekaligus adalah aset warga NU Kecamatan Kesesi semuanya,” tandas H. Kusnoto.


Powered by Blogger.