Header Ads

Setelah 21 Tahun Tertidur,Pengurus Saka Bakti Husada 2018 - 2023 Dikukuhkan

KAJEN - Perkemahan Saka Bakti Husada dilaksanakan selama tiga hari mulai Jum'at 29 juni hingga minggu 1 juli 2018 ,sedangkan pembukaan dilakukan pagi tadi pada pukul 10.00 wib di Bumi Perkemahan Linggo Asri Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan,Sabtu (30/6).

Panitia Perticab,Fatimah,mengungkapkan bahwa kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada 2018 merupakan yang ketiga kali,pertama pada tahun 1991 dan kedua pada tahun 1997.

"Setelah 21 tahun,baru ini dimulai lagi,untuk peserta 2018 berasal dari 19 kecamatan dengan 1 kontingen mengirimkan 10 anak,dan ada 1 kontingen mandiri dari tirto 10 anak, jadi total jumlah peserta ada 200 peserta,plus pendampingnya 1 kontingen dua orang,sehingga total peserta perticab 2018 ini 239 orang,"jelas fatimah.

Dikatakan bahwa,dalam perticab tersebut terdapat tiga lomba yaitu lomba penyuluhan,lomba cerdas cermat dan lomba safari krida.

"Selain lomba juga ada kegiatan bakti sosial masyarakat,kita memberikan bantuan alat kebersihan sekaligus kita membersihkan tempat tersebut yang berada disekitar bumi perkemahan seperti mushola,masjid dan sekolahan,"ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kwarcab,Bambang,mengatakan bahwa selain kegiatan perkemahan Bakti Saka Husada 2018 juga dilakukan pengukuhan pengurus Saka Bakti Husada (SBH) 2018.

"Jadi perkemahan saka bakti husada ini dilakukan sekaligus untuk merevitalisasi kepengurusan yang selama ini tertidur,sehingga juga dilakukan pelantikan pengurus masa bakti 2018-2023,"terangnya.

Diharapkan,kedepan nantinya pramuka bisa melaksanakan krida-kridanya untuk berperan dalam bidang kesehatan dan menjadi kader-kader terdepan program-program pemerintah dibidang kesehatan.

"Misalnya program penanggulangan penyakit,program imunisasi,apalagi pemerintah sedang gencar untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi,termasuk supaya agar tidak ada kasus stunting,"tuturnya.

Ditambahkan,nantinya Dinas Kesehatan akan memanfaatkan pramuka sebagai kader untuk membantu petugas kesehatan di masyarakat,tentu saja dengan dibekali pengetahuan tentang kesehatan termasuk diperkemahan tersebut.(Ros-Nk)
Powered by Blogger.