Header Ads

Novak Djokovic Senang Sepakbola Akhirnya Punya Teknologi seperti VAR

Novak Djokovic Senang Sepakbola Akhirnya Punya Teknologi seperti VARPetenis top Serbia Novak Djokovic turut mengikuti perjalanan Piala Dunia 2018. Salah satu yang membuatnya terkesan adalah penerapan Video Assistant Referee.

Sepakbola baru mulai menerapkan teknologi lanjut dalam permainannya dalam beberapa tahun terakhir. VAR misalnya, baru mulai jamak dipakai sejak 2017 kemarin di kompetisi-kompetisi top Eropa, meski Premier League di Inggris dan Liga Champions belum termasuk.

Pada level internasional, Piala Konfederasi tahun lalu menjadi ajang pemanasan, sebelum akhirnya teknologi ini diputuskan juga dipakai di Piala Dunia 2018. Sejauh ini VAR sudah dipakai di sejumlah momen, termasuk saat wasit Andres Cunha memberikan penalti untuk Prancis di laga melawan Australia.

Djokovic, yang mengikuti perkembangan Serbia di Piala Dunia 2018, senang akhirnya sepakbola menerapkan teknologi serupa. Petenis 31 tahun itu juga menyinggung soal peran wasit dalam menentukan kapan harus meninjau insiden dan kapan untuk tidak melihatnya dari VAR.

"Secara keseluruhan, saya rasa teknologi sudah dipergunakan cukup baik sejauh ini. Maksud saya, mungkin ada situasi-situasi seperti yang kemarin itu (laga Serbia vs Swiss), di mana wasit seharusnya memutuskan untuk setidaknya meninjau insiden, tapi ya keputusan ada di tangan mereka," katanya dikutip Sky Sports.

Serbia kalah 1-2 dari Swiss dalam laga yang berbau kontroversial. Dalam sebuah momen, penyerang Serbia Aleksandar Mitrovic terjatuh di bawah tekanan Stephan Lichtsteiner dan Fabian Schar yang dinilai layak diganjar penalti.
(Detik.com)
Powered by Blogger.