Header Ads

Menhub : Kapasitas Mudik Gratis Tahun Depan Akan Ditambah

Foto: istimewa
Foto: istimewa
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana meningkatkan kapasitas mudik gratis untuk pengguna sepeda motor dengan kapal laut tahun depan.
Menhub menyebutkan pada tahun ini jumlah pemudik yang diangkut kapal sebanyak 25 ribu penumpang. "Saya upayakan (tahun depan) tiga kali lipat, kalau bisa 100 ribu, tapi akan dilihat ketersediaan kapalnya," kata Budi Karya usai menyambut kedatangan peserta mudik gratis sepeda motor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6).
Adapun program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tujuan Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok) - Semarang (Pelabuhan Tanjung Emas), pada Lebaran 2018 memiliki kapasitas sebanyak 15.200 unit sepeda motor dan 30.400 orang penumpang.
Namun demikian, Budi mengakui sosialisasi mudik gratis belum sepenuhnya diketahui masyarakat sehingga realisasi pemudik terangkut belum memenuhi kapasitas yang disediakan.
Budi mengatakan okupansi kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu, ini berkisar 70-75 persen atau sekitar 600 penumpang dengan 300 unit sepeda motor. "Sekarang kita sudah ada modal 25 ribu penumpang, itu akan lebih mudah meningkatkan menjadi 50 ribu atau 100 ribu karena database-nya kita ada semuanya. Kita bisa sampaikan kepada mereka," kata Budi.
Ia menambahkan pelayanan di kapal laut untuk peserta mudik gratis juga akan ditingkatkan, baik dari segi hiburan, jam operasional kafe yang ditambah dan sosialisasi yang lebih luas.
(SUARAMERDEKA.com)
Powered by Blogger.