Header Ads

Buat Getuk Lindri Sepanjang 350 Meter,Warga Ambokembang Habiskan 1500 Kg Singkong

KAJEN - Tidak kalah meriah,warga Gang 9 Desa Ambokembang Kecamatan Kedungwuni membuat Getuk Lindri sepanjang 350 meter untuk merayakan syawalan,Sabtu (23/6).


Zaenal Mutakim,Wakil Ketua Panitia mengatakan bahwa pembuatan getuk lindri sepanjang 350 meter tersebut diawali pada tahun 2012,Para pemuda ambokembang menggunakan mesin kecil kemudian dikembangkan,dipilihnya getuk lindri karena merupakan makanan khas pekalongan.

"Bahan bakunya ketela pohon/singkong 1500 kg atau satu setengah ton,kelapa 200 butir,gula jawa 80 kg,ditambah gula pasir 10 kg,"ungkapnya.

Dikatakan,getuk lindri tersebut dibuat sekitar 7 jam dan dikerjakan oleh 200 orang atau 4 Rt di Desa Ambokembang,dengan menghabiskan anggaran Rp.15 Juta yang berasal dari swadaya masyarakat.

Sementara itu Bupati Pekalongan,Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan swadaya masyarakat salah satunya untuk nguri-uri budaya melalui kuliner getuk.

"Ini berarti masyarakat kabupaten pekalongan sudah diambang kesejahteraan yang sejati karena menjadikan getuk sebagai makanan tambahan bukan makanan utama lagi,"ungkapnya.

Ditambahkan,kegiatan pembuatan getuk lindri sepanjang 350 meter tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan syawalan dengan puncaknya yaitu gunungan megono dilinggo asri.(ros-nk)
Powered by Blogger.