Header Ads

Lapas II A Pekalongan Terendam Rob,Dirjen Kemenkumham Cek Langsung

KAJEN - Terendamnya Lapas Kelas II A Pekalongan Jawa Tengah oleh air Rob,mendapatkan perhatian khusus dari Dirjen Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan Ham,Sri Puguh Budi Utami dalam Safari Ramadhan yang dilakukannya dengan melakukan pengecekan langsung,pada Minggu sore (27/5).

Dalam sambutannya Sri Puguh Budi Utami mengungkapkan bahwa rob memang selalu hadir setiap tahun di Lapas II A Pekalongan,namun menurutnya ini adalah yang terparah.

"Kita tidak bisa memprediksi esok,karena yang datang adalah air yang sebenarnya laten dan selalu ada didalam sana,sewaktu-waktu bisa hadir,"ungkapnya.

Dikatakan,apabila kondisinya sudah seperti ini,untuk mempertahankan Lapas Pekalongan yang dibangun sejak tahun 1913 tersebut terasa sulit,padahal aset Lapas Pekalongan cukup luas yaitu 7,2 hektar dan merupakan heritage.

"Ini bangunan yang luar biasa peninggalan belanda,namun kita kalah perkasa dibanding air,harapan kami memang ada langkah progresif dan selesai,kami bayangkan siapa tau bapak bupati punya bangunan yang memadai kami ingin tempati,"tuturnya.

Karena,konsep Pemasyarakatan adalah tidak boleh memisahkan warga binaan pemasyarakatan dengan keluarganya dan lingkungannya.

"Namun jika sekarang terpaksa kami pindahkan ke Nusakambangan,itu karena tidak ada jalan lain,karena lapas disekitar pekalongan sudah overkrudit juga,isi lapas rutan sudah 243 ribu sedangkan kapasitas yang tersedia hanya 124 ribu,"pungkasnya.(ros-nk)

Powered by Blogger.