Header Ads

Waspadai Bencana Alam,Simulasi Digelar

 KAJEN - Simulasi kesiagaan bencana digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan bersama Kodim 0710 Pekalongan,Polres Pekalongan,PMI Kabupaten Pekalongan di lapangan halaman belakang Kantor Setda,Kamis (26/4).

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf M Ridha, menyampaikan, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan, dan pemda selalu bersinergi dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam. Salah satunya dengan kegiatan simulasi penanggulangan bencana alam.


"Insyaallah akan kita lakukan latihan simulasi selanjutnya,agar masyarakat lebih paham ketika terjadi bencana harus berbuat apa,"ungkapnya.

Selain persiapan personel, berbagai peralatan pendukung penanggulangan bencana juga disiapkan.

"Personil  yang kita libatkan tadi sekitar 500 orang,dan nanti kita koordinasi dengan pemda setempat, agar melibatkan 1000 sampai 2000 orang untuk simulasi di alun-alun kajen,"terangnya.

Sementara itu Kepala  Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan,Bambang Sujatmiko mengatakan bahwa masyarakat harus mewaspadai adanya berbagai bencana salah satunya angin kencang atau angin puting beliung yang biasa terjadi pada musim peralihan.

"Seperti yang terjadi tadi malam (kemarin) di desa blacanan kecamatan siwalan terjadi angin puting beliung yang membuat puluhan orang yang mengungsi dimushola,untuk kerusakan hanya pada atap di delapan rumah,"jelasnya.

BMKG juga  memprediksi puncak gelombang laut tinggi di perairan Pantura Jawa Tengah akan terjadi 28 April 2018, Masyarakat pesisir dihimbau untuk mewaspadai ancaman banjir rob tersebut.(Ros-Nk)

.



Powered by Blogger.