Header Ads

Perpustakaan Desa Wonopringgo Masuk 6 Besar Lomba Perpus Tingkat Provinsi

KAJEN – Menjadi perpustakaan terbaik dan mengalami peningkatan yang sangat pesat dibanding 19 perpustakaan binaan lainnya di wilayah Kabupaten Pekalongan. “Perpustakaan Umum Desa Cerah” desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan terpilih untuk mewakili Lomba Perpustakaan Umum Desa dan Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

 Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pekalongan Tuti Iriyanti saat menerima Tim Penilai Lomba Perpustakaan Antar Desa dan Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Tengah baru-baru ini di Kantor Perpusda Kab. Pekalongan. 

“Menurut pengamatan kami, perpustakaan ini adalah perpustakaan yang terbaik, baik dari segi pendanaan maupun peran serta masyarakat yang sangat luar biasa. Bahkan dari dana desa juga telah dialokasikan untuk pembangunan gedung perpustakaan desa,” jelas Tuti. 

Ditambahkan Tuti, peran serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa ini untuk menyumbangkan buku juga sudah merupakan tradisi.

 “Untuk kelas perpustakaan desa, perpustakaan cerah telah memiliki sekitar 3.000 buku. Hal ini berkat kerjasama semua pihak,  Perangkat, TP PKK dan Karang Taruna. Terimakasih,” ujarnya. 

Lebih lanjut Tuti menyampaikan, di wilayah Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 19 kecamatan dengan 285 desa/kelurahan, telah ada Perpustakaan Umum Desa sebanyak 177 perpustakaan, perpustakaan rumah ibadah 53 buah dan perpustakaan sekolah 91 buah. 

“Kami akan berupaya terus untuk mencapai target kami yaitu 100% desa harus ada perpustakaannya,” tambahnya. 


Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa SP. Andriani, SH menyampaikan bahwa Kab. Pekalongan adalah kunjungan ke 5 dari 6 kabupaten yang akan dikunjungi. 

“Mohon doa restunya agar kami tidak salah dalam menilai, karena nanti yang juara akan kami ajukan ke tingkat nasional. Mudah-mudahan harapan semuanya disini juga menjadi harapan kami, Trimakasih atas optimalisasi bapak dan ibu untuk menumbuhkan minat baca disini,” ujarnya

Sementara itu Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti menyampaikan rasa terimakasihnya atas terpilihnya perpustakaan Cerah desa Wonopringgo yang masuk dalam 6 besar tentunya dengan harapan siap untuk menjadi juara satu.
Powered by Blogger.