Header Ads

Peringati Hari Kartini,PKK Gelar IVA Test Gratis Di 19 Kecamatan

KAJEN -  Ratusan ibu rumah tangga di Kecamatan Lebakbarang terlihat datang untuk meriksakan diri di Puskesmas Lebakbarang Kabupaten Pekalongan,Kamis (12/4).Hal tersebut karena sedang dilaksanakan  pemeriksan deteksi dini kanker leher rahim melalui metode Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) Test dan Sadanis secara gratis.

Pemeriksaan gratis tersebut digelar dalam rangka memperingati hari Kartini Tahun 2018 oleh PKK Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas PMD P3A PPKB Kabupaten Pekalongan dan BPJS. 

Adapun IVA Test dan Sadanis tersebut dan dilaksanakan di 19 Kecamatan se-Kabupaten Pekalongan,dan dimulai di Puskesmas Lebakbarang.

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra Hj. Munafah Asip Kholbihi saat sambutan menghimbau kepada seluruh wanita usia subur Kabupaten Pekalongan untuk melakukan pemeriksaan IVA Test dan Sadanis karena ini sebagai upaya pencegahan kanker serviks dan kanker payudara.

Dikatakan,bila nantinya terdeteksi positif terkena penyakit-penyakit tersebut,maka akan segera ditangani dan diobati dengan crayo terapy agar tidak terlambat dalam penanganannya dan akan digratiskan dalam pengobatannya.

"Saya berharap ibu-ibu yang melakukan pemeriksaan IVA Test ini benar-benar niat dari dalam hati. karena IVA Test merupakan kebutuhan untuk kesehatan panjenengan piyambak. mudah mudahan ibu-ibu tambah sehat," harap Munafah.
Powered by Blogger.