Header Ads

Membendung Arus Imigran Ilegal Ke AS, Trump Perintahkan Pengerahan Militer ke Perbatasan Meksiko

Trump Perintahkan Pengerahan Militer ke Perbatasan MeksikoJakarta - Presiden Donald Trump memerintahkan pengerahan militer ke perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko untuk membendung arus imigran ilegal.

"Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri diperintahkan bekerja sama untuk mengerahkan Garda Nasional ke perbatasan barat daya untuk membantu patroli perbatasan," ujar Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Kirstjen Nielsen.

Nielsen belum dapat memastikan tanggal pasti pengerahan militer ini, tapi pemerintah ingin proses tersebut dimulai secepatnya karena ancaman yang dibawa oleh imigran ilegal semakin besar.

"Kami terus melihat tingkat peredaran narkoba ilegal yang tidak bisa diterima, aktivitas geng berbahaya, organisasi kriminal transnasional, dan gelombang imigran ilegal menyeberangi perbatasan selatan," ucap Nielsen.

Trump sudah mengisayaratkan keinginan untuk mengerahkan militer sejak awal pekan ini, setelah menerima laporan akan ada satu karavan membawa banyak imigran dari arah Meksiko menuju AS.

Rencana pengerahan militer ini sempat menimbulkan tanda tanya karena berdasarkan undang-undang, tentara dan ranting militer lain tak boleh ikut serta dalam upaya penegakan hukum sipil di tanah AS kecuali mendapatkan izin dari Kongres.


(Sumber : CNNIndonesia.com)

Powered by Blogger.