Header Ads

Lebih Dari 4000 Orang Berhasil Bentuk Paper Mob Dalam PKH Ekspo


KAJEN - Kegiatan Program Keluarga Harapan ( PKH) Ekspo Tahun 2018 dimeriahkan dengan paper mop 4 ribu peserta , senam sehat 16 ribu peserta, wisuda KPM PKH graduasi 2.134 KPM , penyaluran bantuan social kematian sampai dengan april 2018 sebanyak 840 jiwa, dan pameran produk kreatif KPM PKH,di Alun ALun Kajen,Rabu (25/4).

Sedangkan Bakti sosial PKH  berupa khitanan masal sebanyak 67 anak KPM PKH , bantuan paket sembako untuk masyarakat miskin yang tinggal didaerah rawan bencana banjir rob 220 paket, 100 pasang pasang sepatu bot senilai 24 juta, santunan anak yatim 148 anak, serta periksa kesehatan gratis dan donor darah.

Adapun Paper mop atau kegiatan massal membuat tulisan diatas kertas dengan melibatkan manusia sebagai subyeknya,paper mop ini membentuk logo PKH, bendera merah putih dan tulisan luar biasa dengan melibatkan  4000 orang lebih,dan puncak kegiatan yaitu ketika 16 ribu peserta melakukan senam masal bersama .


Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan ini adalah membantu masyarakat sebagai pengungkit ekonomi. Harapannya dimasa mendatang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga akhirnya tidak terus menerus dibantu oleh Pemerintah.

Bupati berikan Kunci kehidupan agar kita sejahtera, berkah dan rejeki lancar, adalah dengan melakukan ibadah sholat dhuha minimal 2 rokaat. Dan tidak lupa untuk bersedekah walaupun sedikit meskipun dalam keadaan kesempitan.

“ Ingat bahwa tangan diatas itu lebih mulia atau memberi itu lebih mulia daripada menerima,”tandasnya.

Selanjutnya seiring dengan langkah pemerintah menurunkan angka kemiskinan semakin menuju keberhasilan, karena dengan indicator dengan meningkatnya  PKM PKH yang diwisuda atau sudah tidak bergantung kepada bantuan pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan Drs. Yoyon Ustar Hidayat, MSi selaku ketua panitia menyampaikan maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan wahana kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH kabupaten Pekalongan untuk saling bersilaturahmi dan sebagai media informasi bagi masyarakat  terkait  pelaksanaan  program keluarga harapan  dengan tujuan  untuk memberikan edukasi wahana kepada KPM PKH untuk saling berbagi  kepada sesama masyarakat kurang beruntung.

“Hal ini juga untuk mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat, mendukung program penanggulanan bencana, mendorong terciptanya keperdulian dan inovasi sosial masyarakat dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial” terangnya.

Adapun bantuan social PKH dalam   kurun waktu dari tahun 2013 sampai dengan tahapan I tahun 2018 dengan alokasi dari Kementrian Sosial Rp. 134.730.730.625 terealisasi 96 %. Khusus pada tahap I tahun 2018 sudah menyalurkan 35.930 KPM dari 19 Kecamatan dari bantuan non tunai dengan total alokasi sebesar 18.009.000.000.- sudah terserap Rp. 17.781.500.000 (98,75). Dalam rangka mendukung target Nasional Sasaran PKH 2019 sebanyak 15 juta KPM , Kabupaten Pekalongan saat mengusulkan penambahan kuota sebanyak kurang lebih 17.000 calon KPM yang masih tersisa dalam basis data  Terpadu.
Powered by Blogger.