Header Ads

KPU Berencana Buat Aturan Tempat Penitipan Anak saat Kampanye

Hasil gambar untuk foto kpuJakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tantowi mengatakan pihaknya berencana membuat peraturan agar partai politik dapat menyediakan tempat penitipan anak saat melaksanakan kampanye terbuka di Pemilu 2019 mendatang.

"Bisa masuk di pengaturan KPU soal kampanye, atau nanti bisa dituangkan di Petunjuk Teknis (juknis). Nanti kita lihat kemungkinan-kemungkinan," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, Jumat (6/4).

Pramono mengatakan langkah itu sebagai antisipasi KPU yang melihat masih banyaknya anak di bawah umur terlibat dalam gelaran kampanye politik di ajang pemilu legislatif maupun pilpres pada tahun sebelumnya.


Padahal, dalam Undang-undang 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak tekah menegaskan bahwa parpol dilarang untuk membawa anak-anak ke tempat kampanye terbuka dan dapat dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak 100 juta.

Meski begitu, pihaknya tetap mempertimbangkan rencana aturan bagi parpol untuk menyiapkan tempat penitipan anak tetap terlaksana agar parpol tak melibatkan anak-anak dalam kampanye.

"Karena kita menyadari dalam kegiatan kampanye terutama dalam rapat umum sangat terbuka kemungkinan masih banyak melibatkan anak dubawah umur dan anak kecil yang masih membutuhkan ASI," ujar Pramono.

Mantan komisioner Bawaslu Provinsi Banten itu menilai rencana peraturan ini diharapkan agar parpol bisa menyadari kewajibannya untuk memenuhi aturan dan tak melanggar hak-hak anak yang tak diperbolehkan mengikuti kampanye.

Hal itu sekaligus bisa menjadi kebiasaan bagi parpol untuk menyediakan tempat penitipan bagi anak saat melakukan kampanye di penyelenggaraan pemilu selanjutnya.

(Sumber : CNNIndonesia.com)

Diberdayakan oleh Blogger.