Header Ads

Agar Bermain Lebih Menyerang, Pelatnas Tenis Fokus Asah Mental dan Fisik

Agar Bermain Lebih Menyerang, Pelatnas Tenis Fokus Asah Mental dan FisikDirektur Teknik pelatnas tenis, Frank van Fraayenhoven, mengubah gaya bermain atlet nasional. Sebisa mungkin, mereka mengandalkan permainan menyerang. 

Tim nasional tenis tak mematok target tinggi di Asian Games 2018. Kendati demikian, PB Pelti merekrut direktur teknik asal Belanda, Van Fraayenhoven.

Sejak menangani Timnas tenis, Fraayanhoven, sedikit demi sedikit menanamkan pola pikir agar petenis nasional pandai-pandai membuat mental lawan terjun bebas. Sebisa mungkin, Christopher Rungkat dkk. juga bermain menyerang. 

"Di tenis itu, satu pemain akan menjadi penguasa pertandingan. Saya menanamkan agar pemain kita bisa selalu memengaruhi lawan agar merekalah yang menjadi penguasa lapangan, baik pemain putra ataupun putri," tutur dia. 

"Saat para petenis bermain bertahan, saya ingin agar mereka mengubah cara bermain menyerang. Saya mencoba agar mereka menguasai bermain ofensif," ujar dia. 

Untuk memudahkannya, Fraayanhoven memulai dari mengasah kemampuan dasar memukul bola. Diam engiringi dengan meningkatkan mental petenis. 

"Begini, normalnya saat seorang petenis tertinggal secara mental dia akan tertekan. Saat tertekan ini biasanya dia akan bermain bertahan, begitu secara alamiah. Tidak biasa mereka menyerang balik. Secara lambat laun, saya tanamkan untuk menyerang," dia menambahkan. 
(Detik.com)
Powered by Blogger.