Header Ads

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin Saling Melontarkan Ucapan Selamat

Kembali Berkuasa, Xi Jinping dan Putin Saling Ucapkan Selamat
Xi Jinping dan Vladimir Putin saling mengucapkan selamat setelah keduanya berhasil mengamankan jabatan dan periode pemerintahan baru di negara masing-masing. (AFP Photo/Sputnik/Konstantin Zavrazhin)
Jakarta - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin saling melontarkan ucapan selamat setelah keduanya berhasil mengamankan jabatan dan periode pemerintahan baru di negara masing-masing.


Melalui pesan, Xi memberi ucapan selamat kepada Presiden Vladimir Putin yang berhasil memenangkan pemilihan umum Rusia, Minggu (18/3).

Dalam pesannya, Xi mengatakan kesiapan Beijing untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Moskow yang kini berada di situasi terbaik dalam sejarah "ke tingkat yang lebih tinggi."


"China bersedia bekerja sama dengan Rusia untuk terus mempromosikan hubungan China-Rusia ke tingkat yang lebih tinggi dengan saling mendukung pembangunan nasional masing-masing negara dan mendorong perdamaian serta ketenangan di kawasan mau pun global" kata Xi, sebagaimana dilansir kantor berita Xinhua, Senin (19/3).

Putin setidaknya akan menjabat hingga 2024 mendatang. Dia dinobatkan sebagai pemimpin Rusia terlama setelah Joseph Stalin yang dahulu memimpin Uni Soviet selama 29 tahun pada 1924-1953.

Sementara itu, dikutip kantor berita TASS, Putin juga mengucapkan selamat kepada Xi yang kembali resmi terpilih sebagai Presiden China dengan suara bulat dalam sidang parlemen, Sabtu (17/3).

Pemilihan Xi untuk periode kedua terjadi setelah Minggu lalu, sebagian besar anggota parlemen China menyetujui amandemen konstitusi untuk menghapus maksimal masa jabatan presiden, dari yang sebelumnya dua periode, masing-masing lima tahun.

Xi, yang saat ini berusia 64 tahun, juga dinilai sebagai pemimpin terkuat sepanjang sejarah modern China, sejak Mao Zedong.

(Sumber : CNN Indonesia)
Powered by Blogger.