Header Ads

Miliki Fungsi Vital Bagi Warga,Jembatan Kali Keruh Akan Segera Diperbaiki

KAJEN - Jembatan Kali Keruh Di Luragung Kandangserang yang amblas diterjang banjir pada beberapa waktu yang lalu,akan segera diperbaiki.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru) Kabupaten Pekalongan, Arif Gunawan, Senin (12/3) sore.

"Berdasarkan kajian teknis tim Pemkab Pekalongan, Jembatan Kali Keruh yang terputus akibat diterjang banjir Sungai Kali Keruh akan dibangun baru. dan untuk membangun jembatan baru tersebut diperkiraan membutuhkan anggaran Rp 18 miliar. Jembatan Kali Keruh yang baru nantinya lebar 5 meter dengan panjang 60 meter," ungkapnya.

Dikatakan.Pemkab Pekalongan sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 18 miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat. 


"Jembatan Kali Keruh menghubungkan dua wilayah, yakni Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Pemalang. berdasarkan hasil kajian teknis, kontruksi jembatan lama sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan, sebab kondisinya sudah tidak layak. "

Disebutkan,Pemkab Pekalongan sudah membangun jalan hingga ke jembatan tersebut sepanjang 1,6 kilometer dengan lebar 5 meter di ruas Gamblok - Luragung. Yakni, sepanjang 350 meter dengan sistem beton dan 1,3 kilometer dengan aspal. 

"Pemda sudah bangun jalan dengan lebar 5 meter, jembatan lama lebarnya hanya 3 meter, kan sayang. Kondisi di jembatan lama yang tersisa juga sudah kritis, sehingga membahayakan untuk tetap digunakan lagi. Oleh karena itu, dari hasil kajian pemda perlu dibangun jembatan baru. Jembatan baru nanti dibangun dengan lebar 5 meter, panjang tetap 60 meter," ujar Arif.

Jembatan kali keruh memang memiliki fungsi vital bagi warga,karena merupakan akses pendidikan, kesehatan, dan perekonomian sehingga dengan amblasnya jembatan tersebut sangat menyulitkan warga karena harus memutar jalan yang membuat jarak semakin jauh.

Powered by Blogger.