Header Ads

Menteri PUPR Cek Lokasi Proyek Tol,Bupati Minta Rest Area

KAJEN - Menteri Pekerjaan Umum RI, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono,M.Sc., mengunjungi kKabupaten Pekalongan untuk meninjau langsung pengerjaan jalan tol Pemalang-Batang menjelang lebaran,Rabu (7/3).

"Hari ini saya mau ngecek trans jawa tol road dari pejagan sampai semarang.Untuk pejagan sampai ke gandulan ini tadi insyaallah mulai mei sudah mulai operasional,untuk dari gandulan ke semarang kita lihat hari ini sepertinya akhir mei sudah fungsional bukan darurat," ungkap Menteri PUPR.

Sementara itu Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si saat menerima kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum RI - Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc., tersebut mengajukan permohonan kepada Pemerintah agar diadakan rest area tipe A di wilayah Kabupaten Pekalongan dari arah Jakarta untuk menjual hasil-hasil produk dari para pelaku UMKM, baik batik, kompeksi, jeans, tenun, sarung. Mereka jumlahnya sekitar 32.000 UMKM yang bergerak di bidang itu dari 52.000 UMKM yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan bahwa batik di Kabupaten Pekalongan ini menyumbang hampir separuh dari produksi batik nasional. Jadi, lanjut Bupati, sudah saatnya jalan tol itu supaya bermanfat untuk rakyat. 

 “ Saat ini sudah ada beberapa pasar (grosir) yang keadaannya sudah kelihatan sepi seperti grosir Pantura di Wiradesa, kemudian pedagang batik di sepanjang jalan rata pantura. Ini menyangkut nasib ribuan pekerja. Jadi Pemerintah Pusat harus memperhatikan dengan benar. Persoalan jarak, saya kira bisa diatur dan direkayasa. Yang penting ada tempat rest area di wilayah Kabupaten Pekalongan dari arah barat (Jakarta) untuk memasarkan hasil-hasil produk unggulan dari Kabupaten Pekalongan,” tandas Bupati.

Menyangkut kesiapan lokasi, Bupati tegaskan bahwa Pemkab Pekalongan sudah menyiapkan dengan berbagai pola, seperti pola kerjasama dengan pihak ketiga. “Tidak menutup kemungkinan dibangun oleh Pemkab Pekalongan atau dibangunkan oleh Pemerintah Pusat. Yang jelas kalau ini sudah pasti, akan dicarikan skemanya yang terbaik seperti apa,” paparnya.
Powered by Blogger.