Header Ads

Bupati Pekalongan Akan Lakukan Klusterisasi Buah Manggis Paninggaran

KAJEN - Memiliki potensi buah manggis yang banyak dan berkualitas, membuat Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berencana membuat sentra buah manggis,hal tersebut terungkap saat meninjau potensi buah manggis di Kecamatan Paninggaran ,Rabu (21/3).

"Kita akan melakukan klusterisasi manggis,nanti akan kita pusatkan dipaninggaran," ungkapnya.

Dikatakan,pihaknya akan melakukan kerjasama dengan IPB untuk membudidayakan buah manggis,apakah nantinya pohon buah manggis tersebut bisa di bibit dengan stek atau menggunakan kultur jaringan.

"Saya khawatir tanaman yang sudah ada, yang sudah ditanam puluhan tahun tersebut akan jenuh,dan itu menjadi tugas kita."


Sehingga pihaknya berencana akan memperluas lahan buah manggis.

"Yang pertama kita akan memperluas lahan atau diservikasi lahan dan yang kedua intensifikasi berkaitan dengan proses pembibitannya,insyaallah kluster ini akan kita wujudkan pada 2019," terangnya.

Tidak ketinggalan,Bupati juga berencana akan memanfaatkan kulit buah manggis yang sudah dikenal luas akan manfaatnya untuk kesehatan.

"Kita pikirkan juga untuk membuat ekstrak buah manggis supaya ada di paninggaran,sehingga ada manfaatnya lagi (lebih maksimal)," pungkasnya.
Powered by Blogger.