Header Ads

Bentrok Gaza Tewaskan 12 Orang dan Lukai 1.100 Warga Palestina

Hasil gambar untuk foto kerusuhan di gaza
Foto : Reuters
Jakarta - Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan setidaknya 12 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang terluka dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Israel di perbatasan Gaza, Jumat (30/1).

Kementerian menyatakan sekitar 1.100 orang terluka saat demonstran berjalan menuju perbatasan dengan Israel di hari pertama demonstrasi yang rencananya akan dilakukan selama enam pekan. Korban tewas termasuk seorang berusia 16 tahun.
Sebagian besar korban adalah pemuda. Seorang perempuan turut menderita akibat insiden ini.
Angkatan bersenjata Israel (IDF) menyatakan ribuan warga Palestina "melakukan kerusuhan di penjuru Jalur Gaza, menggelindingkan ban terbakar dan melempar batu ke arah pagar keamanan dan pasukan IDF, yang merespons dengan langkah pembubaran huru-hara dan menembak ke arah pelaku utama."

Juru bicara Bulan Sabit Merah Palestina di Gaza juga mengatakan kepada CNN bahwa 355 korban luka akibat peluru hidup. Di antaranya menderita serius di bagian kepala, perut dan punggung.

Bulan Sabit Merah telah mendirikan rumah sakit lapangan di Gaza timur dan Jabalia timur, tak jauh dari sana.

Puluhan ribu demonstran Palestina turun ke jalanan di Gaza di sepanjang pagar perbatasan. Sekelompok kecil beraksi di Tepi Barat.

Protes ini bertepatan dengan Hari Tanah Palestina, memeringati penyitaan tanah milik warga Palestina pada 1976 silam. Enam warga Arab-Israel tewas memprotes penyitaan tersebut, kala itu.


IDF juga menyatakan "siap merespons kerusuhan dengan kekerasan yang direncanakan di seluruh Jalur Gaza jika diperlukan."
(Sumber : CNNIndonesia)
Powered by Blogger.