Header Ads

Arab Saudi Tandatangani Perjanjian Pembelian 48 Jet Tempur Dengan Inggris

Arab Saudi dan Inggris Tandatangani Kesepakatan Soal Jet TempurLondon - Putra mahkota Arab Saudi menandatangani perjanjian pembelian 48 jet tempur dalam kunjungannya di Inggris. Kesepakatan ini dikritik tajam oleh sejumlah organisasi HAM.
Inggris menandatangani pemesanan 48 jet tempur Eurofighter Typhoon oleh Arab Saudi. Kesepakatan disetujui, meskipun Inggris mengkritik sepak terjang Arab Saudi di Yaman.
Penandatangan "memorandum of intent" diadakan pada hari terakhir lawatan tiga hari PutraMahkotaMohammadbinSalman di Inggris. "Kunjungan Putra Mahkota membuka babak baru dalam hubungan bersejarah kedua negara." Demikian dikatakan MenteriPertahananInggrisGavinWilliamson.
"Kami sudah mengambil langkah penting menuju pemesanan jet tipe Typhoon berikutnya, yang akan meningkatkan keamanan di Timur Tengah, dan mendorong industri serta lapangan kerja di Inggris, di sektor kedirgantaraan," demikian ditambahkan Williamson.
Perusahaan BAE Systems yang bergerak di bidang peralatan militer kemungkinan akan memenuhi pesanan lukratif tersebut, yang sudah didiskusikan sejak beberapa tahun lalu. Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi telah memerangi pemberontak Houthy di Yaman sejak 2015. Kedua pihak yang bertempur saling menuduh melakukan kejahatan perang.
(Sumber : Detik.com)


Powered by Blogger.